7 Fitur Baru Telegram Ini Bikin Pengguna WhatsApp Mupeng

7 Fitur Baru Telegram Ini Bikin Pengguna WhatsApp Mupeng

Adi Fida Rahman - detikInet
Senin, 18 Apr 2022 09:45 WIB
Telegram
Fitur baru Telegram bikin pengguna WhatsApp mupeng. Foto: Telegram
Jakarta -

Telegram baru saja merilis sejumlah fitur baru yang cukup menarik dan bikin pengguna WhatsApp mupeng. Apa saja fitur baru tersebut?

1. Suara Notifikasi Sesuai Keinginan

Kamu dapat membuat pemberitahuan khusus dari koleksi musik atau bahkan meme dengan mengubah suara apa pun menjadi nada notifikasi. Cukup buka Settings > Notifications and Sounds, kemudian memberi akses ruang penyimpanan audio atau musik.

Menariknya lagi kamu dapat mempersonalisasi percakapan individu atau seluruh grup obrolan dengan menambahkan nada baru dan mengatur suara.

Nada dering Telegram bersifat lintas platform dan gratis. Saat ini mendukung file audio dan pesan suara dengan durasi kurang dari 5 detik dan ukuran file hingga 300 KB.

Notification Tone

2. Durasi Mute

Sekarang kamu dapat menjeda notifikasi untuk jangka waktu tertentu, seperti tidur siang atau liburan panjang. Setiap percakapan memiliki menu yang disederhanakan untuk mengonfigurasi peringatan.

Pilih Disable Sound untuk menerima notifikasi tanpa suara, atau pilih salah satu opsi Mute untuk menonaktifkan notifikasi sepenuhnya.

Disable Sound and Mute

3. Menu Hapus Otomatis Baru di Profil

Fitur Hapus Otomatis dapat diaktifkan untuk setiap kontak. Kini untuk mengaktifkan dan memilih opsi jadwalnya -2 hari, 3 minggu, 4 bulan, dan lainnya-hanya membutuhkan sedikit ketukan di bagian profil.

4. Balasan pada Pesan yang Diteruskan

Saat meneruskan teks ke obrolan lain, pratinjau balasan kini disertakan. Memungkinkan semua orang melihat seluruh konteks diskusi. Jika ingin meneruskan pesan secara anonim, kamu dapat menyembunyikan nama pengirim atau keterangan media.

5. Bot dari JavaScript

Pada update terbaru ini, Telegram memungkinkan pembuat bot untuk menggunakan JavaScript untuk merancang antarmuka yang dapat disesuaikan tanpa batas. Antarmuka ini dapat disesuaikan agar sesuai dengan tema pengguna, dengan palet warna yang disesuaikan secara instan.

6. Konfigurasikan Admin Bot secara Instan

Pengguna sekarang dapat menambahkan bot ke grup atau saluran mereka langsung dari profil bot, serta mengonfigurasi hak dan batasan bot.

7. Fitur Lain

  • Peningkatan Terjemahan Pesan di iOS: Sekarang mendukung terjemahan berkualitas lebih tinggi dari berbagai bahasa yang lebih luas.
  • Peningkatan Picture-in-Picture di Android: Pembaruan ini menambahkan peningkatan pada jendela pemutar di Android - cubit untuk mengubah ukurannya, ketuk X untuk menutupnya dengan cepat, dan nikmati desain bulat baru.
  • Animasi Baru: Antarmuka untuk mengubah nomor telepon pengguna di Pengaturan memiliki tampilan baru, dengan bebek animasi untuk memandu Anda melalui prosesnya.
  • Emoji Animasi Lebih Banyak: Pembaruan ini menambahkan emoji animasi makanan.



Simak Video "Gegara Salah Cek Email, Telegram Dibekukan di Brasil"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)