Spotify HiFi Ditunda Hingga 2022

Spotify HiFi Ditunda Hingga 2022

Josina - detikInet
Jumat, 24 Des 2021 18:52 WIB
Ilustrasi Spotify
Foto: Mindra Purnomo
Jakarta -

Pada awal tahun 2021, Spotify mengumumkan rencana untuk meluncurkan streaming audio berkualitas tinggi lewat Spotify HiFi di tahun ini. Fitur ini akan menawarkan audio lossless dengan kualitas secara CD.

Dalam event Stream On, Spotify mengatakan fitur streaming kualitas tinggi termasuk salah satu yang paling banyak diminta oleh pengguna. Saat ini, bitrate audio di Spotify mentok di 320 kbps.

Spotify HiFi akan tersedia di seluruh perangkat, termasuk speaker yang mendukung Spotify Connect. Raksasa streaming asal Swedia ini juga bekerjasama dengan produsen speaker untuk membuat Spotify HiFi lebih mudah diakses oleh lebih banyak penggemar.

Diberitakan sebelumnya untuk berlangganan Spotify HiFi harganya akan lebih mahal dibandingkan Spotify Premium. Tapi layanan ini juga akan dipasarkan sebagai 'add on' untuk Spotify Premium.

Namun sayangnya rencana peluncuran Spotify HiFi akan ditunda hingga tahun 2022. Tidak jelas mengapa Spotify membutuhkan waktu lama untuk meluncurkan layanan ini.

Akan tetapi mengingat saingannya Apple Music juga telah menawarkan audio lossless tanpa biaya tambahan alias gratis kepada konsumennya, Spotify pun tampaknya mengubah strateginya sehingga hal ini diduga menjadi alasan ditundanya Spotify HiFi.

Dilansir detiKINET dari Ubergizmo, Jumat (24/12/2021) dalam hal tersebut Apple Music memiliki keunggulan dibandingkan Spotify. Sebab Apple memberikan layanan serupa secara gratis sedangkan Spotify pengguna harus berlangganan.

Namun selain Apple Music, layanan streaming musik seperti Amazon, Tidal, Deezer dan Qobuz sudah lebih dulu meluncurkan layanan streaming audio berkualitas tinggi.

Di mana mereka pun juga mematok harga untuk konsumennya berlangganan. Di Amazon harga berlangganan USD 14,99 per bulan, lebih mahal dibandingkan Amazon Music Unlimited standar. Sedangkan Tidal yang mendukung audio beresolusi tinggi sejak awal menawarkan paket berkualitas tinggi dengan harga USD 19,99 per bulan.



Simak Video "BTS dan BLACKPINK Grup K-Pop Paling Banyak Didengar di Spotify"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)