Spotify Turuti Permintaan Adele, Hilangkan Tombol Shuffle di Album

Spotify Turuti Permintaan Adele, Hilangkan Tombol Shuffle di Album

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 22 Nov 2021 13:43 WIB
Adele di majalah US Vogue
Spotify Hilangkan Tombol Shuffle di Album, Turuti Permintaan Adele (Foto: Instagram/@Voguemagazine)
Jakarta -

Spotify menghilangkan tombol shuffle dari semua album atas permintaan Adele. Dengan dihilangkannya tombol ini, Spotify tidak akan lagi memutar album secara acak sebagai opsi default.

Sebelumnya semua album di Spotify memiliki ikon shuffle kecil yang menempel di tombol 'Play'. Jika tombol ini ditekan, Spotify akan memutar album secara acak sesuai dengan pengaturan default-nya.

Kini, saat pengguna menekan tombol 'Play' di album, semua lagunya akan diputar sesuai urutan. Pengguna tetap bisa memutar lagu di album secara acak dengan menekan tombol shuffle di layar 'Now Playing View'.

Rupanya Spotify menghilangkan tombol shuffle di album atas permintaan Adele. Penyanyi yang baru saja merilis album terbarunya '30' tersebut mengatakan album seharusnya didengarkan sesuai urutan yang ditentukan oleh penciptanya. Karena, urutan lagu dalam sebuah album bukan disusun sembarangan, melainkan ada maksudnya.

"Ini satu-satunya permintaan yang saya miliki di tengah industri kami yang terus berubah! Kami tidak menciptakan album dengan sangat hati-hati dan memikirkan daftar lagu kami tanpa alasan," kata Adele dalam cuitannya di Twitter, seperti dikutip dari The Verge, Senin (22/11/2021).

"Seni kami mengisahkan cerita dan cerita kami harus didengarkan seperti yang kami inginkan. Terima kasih Spotify karena sudah mendengarkan," imbuhnya.

Spotify kemudian membalas cuitan Adele dan mengatakan, "Apapun untukmu", yang mengindikasikan perubahan ini memang dibuat atas permintaan Adele.

Head of Communications Spotify Chris Macowski kemudian memastikan hilangnya tombol shuffle di semua album di Spotify.

"Seperti yang Adele katakan, kami sangat senang menggulirkan fitur Premium baru yang sudah lama diminta oleh pengguna dan artis untuk membuat tombol putar sebagai tombol default di semua album," kata Macowski.

"Bagi pengguna yang masih ingin memutar lagu secara acak, mereka bisa membuka Now Playing View dan memilih toggle shuffle," sambungnya.



Simak Video "BTS dan BLACKPINK Grup K-Pop Paling Banyak Didengar di Spotify"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)