Podcast Berbayar Spotify Kini Tersedia Secara Global

Podcast Berbayar Spotify Kini Tersedia Secara Global

Josina - detikInet
Jumat, 19 Nov 2021 09:10 WIB
Ilustrasi Spotify
Foto: Mindra Purnomo
Jakarta -

Spotify akan memperluas layanan podscast berbayar untuk para kreator sehingga podcast/podcaster bisa mendapatkan uang dari pendengar setianya.

Sebelumnya layanan ini hanya tersedia di kawasan Amerika Serikat tapi dalam waktu dekat Spotify menghadirkannya ke 33 pasar seperti Inggris, Australia, Hong Kong, Austria, Kanada, Prancis, Jerman dan masih banyak lagi.

Dilansir detiKINET dari Engadget, sistem kerjanya masih sama melalui platform bernama Anchor kreator dapat membuat atau memilih episode eksklusif atau bebas iklan, menawarkan akses lebih awal, dan menawarkan fasilitas kepada pendengar yang bersedia membayar konten mereka.

Awalnya Spotify menyediakan opsi berlangganan ke para kreator dimulai seharga USD 2,99, USD 4,99, atau USD 7,99 atau sekitar Rp 43.000-115.000 per bulan.

Namun seiring masukan dari para kreator, kini biaya berlangganan podcast Spotify bervariasi hingga 20 pilihan, mulai dari USD 0,49 hingga 150 atau sekitar Rp 7.000 hingga Rp 2 juta per bulan.

Spotify mengatakan selama dua tahun pertama mereka tidak akan memotong pendapatan kreator namun setelah itu Spotify akan mengambil biaya sebesar 5%, di mana klaim Spotify angkat tersebut sangat kompetitif.



Simak Video "BTS dan BLACKPINK Grup K-Pop Paling Banyak Didengar di Spotify"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/jsn)