Instagram Uji Coba Fitur Ingatkan Pengguna Rehat dari Medsos

Instagram Uji Coba Fitur Ingatkan Pengguna Rehat dari Medsos

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 12 Nov 2021 16:11 WIB
Ilustrasi Instagram
Instagram Uji Coba Fitur untuk Ingatkan Pengguna Istirahat dari Medsos Foto: Shutterstock
Jakarta -

Instagram sedang menguji coba fitur 'Take a Break' yang akan mengingatkan pengguna untuk rehat sejenak dari media sosial. Fitur ini diumumkan langsung oleh Head of Instagram Adam Mosseri.

Lewat video yang diunggah di Twitter, Mosseri menjelaskan fitur ini akan mengingatkan pengguna untuk beristirahat jika sudah menghabiskan waktu lama main Instagram. Pengguna bisa mengaktifkan fitur ini dan mengatur waktunya sendiri, yaitu 10, 20, atau 30 menit.

"Jika kalian mengaktifkannya, fitur ini akan mendorong kalian untuk berhenti sejenak setelah kalian menghabiskan waktu tertentu di aplikasi; 10, 20, atau 30 menit," kata Mosseri dalam videonya, seperti dikutip dari The Verge, Jumat (12/11/2021).

Dari video yang diunggah Mosseri, Instagram akan menampilkan notifikasi untuk mengaktifkan fitur ini di feed, tapi tidak ditampilkan secara penuh di layar. Jadi kemungkinan pengguna bisa melewatkan notifikasi ini jika sedang scrolling cepat-cepat.

Setelah melihat pengingat ini, pengguna bisa mengaktifkannya dengan mengetuk opsi 'turn on'. Pengguna kemudian akan diminta untuk memilih berapa lama waktu yang akan mereka habiskan di Instagram sebelum menerima pengingat untuk istirahat.

Tampilan fitur Take a Break di aplikasi InstagramTampilan fitur Take a Break di aplikasi Instagram Foto: Instagram/Adam Mosseri

Pengingat itu akan muncul setelah waktu yang ditentukan bersama dengan saran kegiatan yang bisa dilakukan pengguna seperti mengambil napas, menulis isi pikiran, mendengarkan lagu favorit, atau melakukan sesuatu yang ada di to-do-list.

Uji coba fitur Take a Break ini diumumkan saat Instagram dan perusahaan induknya Meta (yang sebelumnya dikenal dengan nama Facebook) sedang menjadi perhatian setelah whistleblower Frances Haugen bersaksi di depan Kongres AS tentang dokumen internal Facebook yang menunjukkan efek buruk Instagram terhadap remaja.

Dalam penelitian internal Facebook, pengguna remaja mengaku merasa ketagihan menggunakan Instagram, tapi tidak bisa mengontrol diri untuk mengurangi main Instagram walaupun mereka ingin mengurangi frekuensi membuka aplikasi tersebut.

Pengembangan fitur ini juga sudah diungkap oleh beberapa petinggi Meta, salah satunya Vice President of Global Affairs Meta Nick Clegg. Dalam wawancara dengan CNN bulan lalu, Clegg mengatakan pihaknya sedang mengembangkan fitur Take a Break dan fitur serupa lainnya sambil mempertimbangkan pengguna remaja.

Mosseri mengatakan saat ini fitur Take a Break sedang diuji coba dengan sekelompok kecil pengguna Instagram mulai pekan ini. Jika uji cobanya memuaskan, fitur ini akan digulirkan secara publik pada bulan Desember.



Simak Video "Baru! Ini Cara Hapus Foto Multiple Setelah Posting di Instagram"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)