Pengumuman! YouTube Sembunyikan Jumlah Dislike di Semua Video

Pengumuman! YouTube Sembunyikan Jumlah Dislike di Semua Video

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 11 Nov 2021 10:15 WIB
Kiev, Ukraine - June 5, 2014: Brand new Apple iPhone 5S with YouTube application service on the screen lying on a desk with headphones. YouTube is the worlds most popular online video-sharing website that founded in February 14, 2005
YouTube Sembunyikan Jumlah Dislike di Semua Video Foto: iStock
Jakarta -

YouTube mengumumkan akan menyembunyikan jumlah 'dislike' di semua video di platform-nya. Perubahan ini ditujukan untuk melindungi kreator dari 'serangan dislike' atau bentuk pelecehan lainnya, serta mempromosikan interaksi yang baik antara kreator dan penonton.

YouTube mengatakan meski jumlah dislike tidak akan bisa dilihat secara publik, bukan berarti tombol dislike akan dihilangkan. Pengguna masih bisa mengklik tombol thumbs down untuk menunjukkan rasa tidak sukanya terhadap sebuah video atau mengatur algoritma video rekomendasi, seperti dikutip dari TechCrunch, Kamis (11/11/2021).

Sementara itu, kreator akan bisa melihat jumlah dislike yang mereka terima di YouTube Studio bersama data analitik terkait performa video mereka. Jumlah dislike di video akan mulai dihilangkan secara bertahap di semua platform YouTube, termasuk semua perangkat dan web.

Langkah ini mengikuti eksperimen yang dilakukan YouTube beberapa bulan yang lalu untuk melihat apakah perubahan seperti ini bisa mengurangi serangan dislike atau pelecehan.

Saat itu, YouTube mengatakan bahwa jumlah dislike yang bisa dilihat publik bisa mempengaruhi kreator dan bisa mendorong kampanye troll untuk menambah jumlah dislike di sebuah video.

Tampilan aplikasi YouTube tanpa jumlah dislikeTampilan aplikasi YouTube tanpa jumlah dislike Foto: dok. YouTube

Tapi di sisi yang sama, jumlah dislike sering dipakai oleh pengguna sebagai indikator kualitas video. Misalnya video yang bersifat spam atau clickbait pasti memiliki jumlah dislike yang cukup besar.

YouTube mengatakan saat menguji coba menyembunyikan jumlah dislike, orang-orang cenderung tidak menggunakan tombol dislike untuk menyerang kreatornya. Tapi perilaku seperti itu kemungkinan masih akan berlanjut karena kreator tetap bisa melihat jumlah dislike di video mereka lewat YouTube Studio.

YouTube bukan satu-satunya platform media sosial yang menyembunyikan metrik seperti jumlah like dan dislike. Instagram belum lama ini meluncurkan fitur di mana pengguna bisa menyembunyikan jumlah like yang ada di postingannya.

Tapi Instagram masih memberikan pilihan bagi penggunanya untuk menampilkan atau menyembunyikan jumlah like di postingan. Beda dengan YouTube yang menyembunyikan jumlah dislike secara default.

YouTube sendiri saat ini memegang rekor sebagai akun dengan video yang memiliki jumlah dislike terbanyak. Video '2018 YouTube Rewind' yang mereka unggah untuk menutup tahun 2018 telah ditonton hampir 221 juta kali dan memiliki 19 juta dislike.



Simak Video "Konten Pengetahuan di YouTube Makin Diminati Masyarakat"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)