Melawan Balik Klitih di Yogyakarta Pakai Aplikasi SETITI

Melawan Balik Klitih di Yogyakarta Pakai Aplikasi SETITI

Jauh Hari Wawan S - detikInet
Kamis, 14 Okt 2021 18:50 WIB
Aplikasi SETITI Buatan Mahasiswa UNY untuk mencegah klitih atau kriminalitas jalanan di Yogyakarta
Mahasiswa UNY menunjukkan aplikasi SETITI (dok UNY)
Sleman -

Angka kriminalitas jalanan atau disebut klitih di Yogyakarta masih cukup tinggi. Para mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mencoba memerangi aksi klitih lewat aplikasi.

Adalah Aziz Muzaki prodi pendidikan fisika, Hajidah Salsabila Allissa Fitri prodi pendidikan kimia, Annurdien Rasyid prodi pendidikan teknik informatika, Putri Milenia Gusdian prodi bimbingan dan konseling serta Maria Ameylia Trisna Murti prodi psikologi. Mereka mencoba mereduksi aksi klitih oleh pelajar melalui implementasi program Sekolah Anti Klitih (SETITI). Program ini kemudian diwadahi dalam aplikasi mobile SETITI.

"Implementasi program SETITI sebagai upaya melalui pelatihan pemberdayaan psikis dan perilaku. Sekolah sebagai mitra kegiatan ini juga mengharapkan adanya media sebagai wadah konseling agar Guru BK dan pelajar dapat berkomunikasi dari hati ke hati," kata Aziz dalam keterangannya, Kamis (14/10/2021).

Selama ini berbagai upaya pencegahan telah dilakukan guru untuk mengurangi aksi klitih. Diantaranya razia di sekolah atau komunitas pusat orang-orang ramai berkumpul, serta pembatasan jam operasional kegiatan bermasyarakat.

"Namun, beberapa solusi itu tidak terlalu terasa pengaruhnya terhadap reduksi klitih," ungkapnya.

Hajidah Salsabila Allissa Fitri menambahkan, kelompoknya menggandeng MAN 3 Sleman sebagai sekolah mitra kerja. Harapannya para siswa dapat berperan aktif dalam program SETITI sehingga ada transfer ilmu kepada pelajar lain.

"Dengan sinergi positif yang ada, diharapkan aksi klitih dapat tereduksi serta tercipta kader-kader penerus bangsa yang sadar akan perannya," kata Hajidah.

Karya ini berhasil meraih dana Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi dalam Program Kreativitas Mahasiswa bidang Pengabdian Masyarakat tahun 2021. Hal ini merupakan salah satu upaya UNY dalam agenda pembangunan berkelanjutan pada bidang pendidikan bermutu.

Halaman selanjutnya: Cara kerja aplikasi SETITI...



Simak Video "Polres Bantul Amankan Puluhan Remaja Berusia Pelajar Beserta Senjata Tajam"
[Gambas:Video 20detik]