Twitter Uji Fitur Emoji Reactions di Tweet Ala Facebook

Twitter Uji Fitur Emoji Reactions di Tweet Ala Facebook

Virgina Maulita Putri - detikInet
Minggu, 12 Sep 2021 11:13 WIB
Twitter uji coba fitur emoji reactions
Twitter Uji Fitur Emoji Reactions di Tweet Ala Facebook Foto: dok. Twitter
Jakarta -

Twitter sedang menguji coba fitur emoji reactions untuk cuitan di timeline. Dengan fitur ini, pengguna Twitter bisa memberikan reaksi yang lebih beragam lewat emoji jika merasa memberikan 'Like' saja tidak cukup.

Saat ini uji coba tersebut terbatas untuk pengguna di Twitter. Ada lima emoji yang bisa dipilih pengguna untuk merespons cuitan yaitu emoji menangis, emoji berpikir, emoji tertawa sambil menangis, emoji tepuk tangan dan emoji hati, seperti dikutip dari The Verge, Minggu (12/9/2021).

Twitter mengatakan uji coba ini dijadwalkan dalam durasi yang terbatas, tapi mereka tidak menutup kemungkinan untuk menggulirkan uji coba ini ke lebih banyak negara tergantung respons dari pengguna.

Lewat fitur emoji reactions, Twitter mengatakan mereka ingin memberikan pengguna cara yang lebih mudah untuk mengekspresikan perasaan mereka terhadap sebuah cuitan. Pengguna bisa mengakses emoji-emoji ini dengan klik dan tahan tombol Like, sedangkan untuk menyukai cuitan pengguna bisa mengklik tombol Like sekali.

Twitter uji coba fitur emoji reactionsTwitter uji coba fitur emoji reactions Foto: dok. Twitter

Fitur emoji reaction telah tersedia selama bertahun-tahun di Facebook. Fitur ini juga sebenarnya telah tersedia di Twitter, tapi hanya di dalam direct messages (DM).

Tapi pilihan emoji yang saat ini diuji coba oleh Twitter berbeda dengan pilihan emoji yang sudah ada di DM. Twitter tidak mengikutkan emoji yang bernada negatif dalam uji coba ini, jadi tidak ada emoji 'jempol ke bawah' seperti yang ada di pilihan emoji DM Twitter.

Media sosial berlogo burung ini memilih tidak memasukkan emoji bernada negatif karena beberapa orang yang mereka survei mengaku khawatir akan menerima reaksi yang negatif terhadap cuitannya. Alasan ini cukup masuk akal mengingat percakapan di Twitter kadang bisa jadi toxic.

Sementara itu, lima emoji yang mereka pilih mewakili emosi yang paling banyak dirasakan pengguna saat membaca cuitan, sekaligus dapat dikenali secara universal. Twitter mengatakan emoji tertawa sambil menangis merupakan emoji yang paling banyak digunakan dalam cuitan.

Pengguna Twitter di Turki akan bisa mencicipi fitur baru ini dalam beberapa hari ke depan. Fitur ini akan digulirkan di platform iOS, Android dan web.



Simak Video "Twitter Ganti Font Baru untuk Pengguna iOS dan Web"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)