Twitter Uji Coba Fitur Komunitas yang Mirip Grup Facebook

Twitter Uji Coba Fitur Komunitas yang Mirip Grup Facebook

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 10 Sep 2021 12:35 WIB
Fitur Komunitas di Twitter
Twitter Uji Coba Fitur Komunitas yang Mirip Grup Facebook Foto: dok. Twitter
Jakarta -

Twitter sedang menguji coba fitur terbarunya yang bernama Communities. Fitur ini memungkinkan pengguna berinteraksi di kelompok yang memiliki ketertarikan sama, kurang lebih mirip seperti grup Facebook atau forum Reddit.

Dalam keterangan yang diterima detikINET, Kamis (9/9/2021) fitur ini dikembangkan setelah banyak ketertarikan dan hobi yang berkembang di Twitter, seperti Book Twitter, Crypto Twitter, Skincare Twitter, dan banyak lagi.

Mulai hari ini, pengguna Twitter bisa bergabung dengan beberapa Komunitas yang telah terbentuk di Twitter seperti Komunitas tentang anjing, astrologi, dan perawatan kulit.

Begitu pengguna bergabung dengan sebuah Komunitas, mereka bisa mengirimkan cuitan yang ditujukan untuk semua anggota komunitas, bukan hanya followers mereka. Meski cuitannya bersifat publik, hanya anggota komunitas yang bisa membalas, menyukai atau me-retweet cuitan.

Mirip seperti grup Facebook dan subreddit Reddit, masing-masing Komunitas di Twitter akan memiliki moderator yang ditugaskan untuk membuat peraturan serta mengundang atau mengeluarkan anggota.

"Setiap Komunitas akan memiliki Moderator yang berperan untuk membuat peraturan di Komunitas tersebut dan mengatur fokus percakapan -- ada kemungkinan Komunitas sneakers akan melarang Tweet tentang sandal, atau bisa juga sebuah Komunitas tentang anjing tidak memperbolehkan anggotanya membagikan gambar kucing," kata Twitter dalam keterangan resminya.

Fitur Komunitas di TwitterFitur Komunitas di Twitter Foto: dok. Twitter

Pengguna yang ingin bergabung dalam sebuah Komunitas harus menerima undangan dari anggota lain yang sudah bergabung di dalam komunitas. Jadi proses bergabung ke Komunitas Twitter memang lebih sulit ketimbang grup Facebook yang bisa tinggal masuk.

Saat ini fitur Komunitas baru tersedia di aplikasi Twitter untuk iOS dan Twitter.com. Pengguna iOS bisa mengakses fitur ini lewat tab Communities yang ada di bilah navigasi, sedangkan pengguna web bisa melihat tab ini di sidebar.

Pengguna Android saat ini terbatas hanya bisa membaca cuitan di Komunitas. Twitter mengatakan mereka akan menambahkan lebih banyak fungsi dalam waktu dekat.

Komunitas adalah fitur terbaru yang dikenalkan Twitter dalam setahun belakangan. Sejak awal tahun ini, perusahaan berlogo burung itu sudah meluncurkan beberapa fitur baru seperti Spaces, Super Follows, Tip Jar, dan banyak lagi.



Simak Video "Twitter Ganti Font Baru untuk Pengguna iOS dan Web"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)