Twitter Uji Coba Timeline Baru Ala Instagram

Twitter Uji Coba Timeline Baru Ala Instagram

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 08 Sep 2021 19:12 WIB
Jakarta -

Twitter menguji coba tampilan baru untuk timeline yang membuatnya terlihat mirip timeline Instagram. Timeline baru berkonsep edge-to-edge ini membuat tampilan foto dan video jadi terlihat lebih besar.

Twitter mengatakan uji coba ini dilakukan untuk mendorong lebih banyak percakapan yang berbasis foto dan video, agar tidak hanya fokus di cuitan berbasis teks, seperti dikutip dari TechCrunch, Rabu (8/9/2021).

Wujud timeline baru Twitter bisa dilihat di video di bawah ini. Dalam uji cobanya saat ini, cuitan di timeline terlihat memenuhi frame dari kiri ke kanan, tanpa ada margin besar di sebelah kiri.

Hasilnya foto dan video di dalam cuitan terlihat lebih besar dan lebih penuh. Bahkan pengguna mungkin tidak perlu mengklik foto atau video untuk melihatnya dalam ukuran penuh.



Desain baru ini juga akan membantu Twitter mengatasi masalah cropping foto yang mereka hadapi belakangan ini. Sejak tahun lalu, pengguna mengeluhkan algoritma Twitter yang digunakan untuk memotong foto di preview cuitan karena dianggap bias terhadap wajah orang kulit putih.

Menghadapi keluhan tersebut, Twitter kemudian merilis kontrol lebih baik untuk cropping foto dan mengenalkan foto yang lebih besar di timeline. Tapi dengan uji coba ini, Twitter membawa perubahan itu lebih jauh lagi dengan menghadirkan timeline yang lebih berat ke visual ala Instagram.

Saat ini timeline baru Twitter baru diuji coba oleh sejumlah kecil pengguna di iOS. Meski belum dirilis secara resmi, tampilan baru ini langsung dikeluhkan oleh pengguna.

Sama seperti saat Twitter mengenalkan desain dan font barunya beberapa bulan yang lalu, netizen mengatakan timeline baru Twitter ini membuat mereka pusing. Ada juga yang mengatakan perubahan desain ini membuat tampilan Twitter jadi jelek.

"Kalau kamu tetap melanjutkan ini tidak ada orang yang mau menggunakan aplikasi ini," kata pengguna Twitter @auronhoe.

"Semakin banyak update yang kamu tambahkan... aplikasi ini jadi semakin jelek," kata netizen @BonkyP diikuti dengan emoji menangis.

Belum diketahui apakah fitur ini akan menyambangi aplikasi Twitter untuk Android dan kapan mereka akan menggulirkan timeline baru ini kepada seluruh pengguna. Tapi sebelum diluncurkan secara resmi, sepertinya Twitter masih memiliki banyak tugas yang harus diselesaikan.

(vmp/fay)