Twitter Mulai Uji Fitur Hapus Followers Tanpa Blokir

Twitter Mulai Uji Fitur Hapus Followers Tanpa Blokir

Josina - detikInet
Kamis, 09 Sep 2021 10:48 WIB
ilustrasi twitter
Foto: 9to5mac
Jakarta -

Twitter mulai melakukan pengujian atas rangkaian fitur privasi baru, salah satunya kemampuan untuk menghapus followers tanpa memblokirnya.

Seperti diketahui saat ini untuk menghilangkan followers yang tidak diinginkan adalah dengan memblokirnya. Twitter pun akan menawarkan alternatif yaitu menghapus follower dari daftar pengikut.

Dalam pengumuman pengujiannya, Twitter mengatakan jika pengguna dapat menghapus followersnya dari daftar di halaman profil mereka sebagaimana dilansir detiKINET dari The Verge.

Caranya pengguna cukup mengklik menu tiga titik di sebelah nama pengikut, lalu klik "Hapus pengikut" dengan demikian mereka tidak akan dapat lagi melihat Tweet kamu yang muncul secara otomatis di timeline mereka.

Cara ini pun berbeda dengan memblokir seseorang yang mencegah mereka untuk melihat untuk postingan tweet dan mengirim pesan langsung (DM). Fitur privasi baru ini seperti tombol Unfollow (berhenti mengikuti) cara yang lebih 'ramah' untuk menjaga jarak dengan seseorang yang tidak disukai ketimbang memblokirnya.

Fitur ini mirip dengan Instagram, di mana pengguna bisa menghapus pertemanan mereka dari daftar followers tanpa diketahui mereka. Dan mereka yang sudah dihapus ingin mengikuti kembali mereka harus meminta persetujuan kamu untuk menjadi followers lagi.

Selain fitur hapus followers, Berikut ini calon fitur privasi terbaru Twitter yang akan diluncurkan dalam waktu dekat:

  • Menyembunyikan tweet yang di-like
    Pengguna akan bisa mengatur siapa saja yang bisa melihat cuitan yang mereka sukai. Akan ada tiga kategori yang bisa dipilih yaitu semua orang, followers, atau grup tertentu. Belum diketahui kapan fitur ini akan diuji coba.
  • Meninggalkan percakapan
    Pengguna akan bisa menarik diri dari percakapan di Twitter dengan cara unmention akunnya. Setelah mengaktifkan fitur unmention, profil pengguna tidak akan lagi dilibatkan dalam percakapan dan akun yang pertama kali men-tag pengguna akan dilarang men-tag akun pengguna lagi. Twitter mengatakan fitur ini akan diuji coba pada akhir tahun ini.
  • Menyembunyikan cuitan lama
    Sesuai namanya, fitur ini akan bisa menyembunyikan atau mengarsipkan cuitan lama. Pengguna bisa memilih cuitannya akan disembunyikan setelah 30, 60, 90 hari atau satu tahun. Saat ini fitur tersebut masih dalam tahap konsep.


Simak Video "Twitter Ganti Font Baru untuk Pengguna iOS dan Web"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/afr)