Fitur Baru macOS Monterey dan Perangkat Pendukungnya

WWDC 2021

Fitur Baru macOS Monterey dan Perangkat Pendukungnya

Adi Fida Rahman - detikInet
Selasa, 08 Jun 2021 02:35 WIB
Jakarta -

Apple turut memperkenalkan penerus Big Sur di ajang Worldweb Developers Conference (WWDC) 2021. Diberi nama macOS Monterey, apa saja yang baru dan perangkat Mac mana saja yang mendapatkannya?

Sejumlah fitur baru yang hadir di iOS 15 juga tersedia di macOS Montery, mulai dari FaceTime, Share Play, Share with You dan Focus. Namun ada banyak fitur anyar yang diberikan Apple.

"macOS Monterey dikemas dengan fitur yang membantu pengguna Mac menyelesaikan lebih banyak hal, terhubung dengan teman dan keluarga dengan cara baru yang menakjubkan, dan bekerja di Mac dan iPad dengan lebih mulus dari sebelumnya," kata Craig Federighi, Senior Vice President of Software Engineering Apple.

Universal Control

Universal ControlUniversal Control Foto: Apple

Universal Control bikin pengoperasian iPad dan Mac bersamaan lebih mudah. Sebab fitur ini memungkinkan pengguna bekerja dengan satu mouse dan keyboard dan berpindah antara Mac dan iPad untuk pengalaman yang mulus, tanpa perlu pengaturan.

Tak sampai di situ, pengguna bisa memindahkan file dari iPad ke Mac atau sebaliknya dengan gampang hanya dengan men-drag menggunakan mouse atau trackpad.

Shortcut

Setelah iOS, Shortcut kini hadir di Mac untuk membantu pengguna mengotomatiskan tugas sehari-hari dan mencapai produktivitas lebih maksimal.

AirPlay to Mac

AirPlay to MacAirPlay to Mac Foto: Apple

Dengan AirPlay ke Mac, pengguna dapat memutar, mempresentasikan, dan berbagi apa saja - mulai dari film dan game terbaru hingga foto dan presentasi liburan - dari iPhone atau iPad langsung ke layar Mac.

Sistem suara Mac yang berkualitas tinggi juga dapat digunakan sebagai speaker AirPlay, sehingga pengguna dapat memutar musik atau podcast di Mac mereka, atau menggunakan Mac sebagai speaker sekunder untuk audio multiroom.

Safari

SafariSafari Foto: Apple

Safari kini ditata ulang dengan desain tab baru yang memungkinkan pengguna melihat lebih banyak halaman saat mereka menggulir. Bilah tab mengambil warna halaman web.

Dihadikan Grup Tab menawarkan cara baru untuk menyimpan dan mengelola tab dengan mudah. Cocok untuk mereka yang tengah merencanakan perjalanan, berbelanja, atau menyimpan tab yang dikunjungi pengguna setiap hari. Grup Tab dapat disinkronkan dari Mac, iPhone, dan iPad, sehingga pengguna dapat melanjutkan tugas mereka dari mana saja, selain itu dapat dibagikan dengan mudah dengan teman dan keluarga.

Daftar Perangkat macOS Monterey

macOS Monterey sudah bisa dicicipi para developer mulai Selasa (8/6/2021). Apple baru mengirimkan versi Public Beta pada Juli mendatang, dan versi final sekitaran Oktober.

Perangkat yang mendukung macOS MontereyPerangkat yang mendukung macOS Monterey Foto: Apple

Adapun perangkat yang mendukung macOS Monterey sebagai berikut:

iMac
Late 2015 atau lebih baru

Mac Pro
Late 2013 atau lebih baru

iMac Pro
2017 atau lebih baru

Mac mini
Late 2014 atau lebih baru

MacBook Air
Early 2015 atau lebih baru

MacBook
Early 2016 atau lebih baru

MacBook Pro
Early 2015 atau lebih baru

macOS MontereymacOS Monterey Foto: dok Apple

(afr/afr)