iPod Lawas Ini Bisa Streaming Spotify

iPod Lawas Ini Bisa Streaming Spotify

Josina - detikInet
Jumat, 29 Jan 2021 20:30 WIB
LONDON - SEPTEMBER 05:  The new Ipod Classic is held at the UK launch of the product at the BBC on September 5, 2007 in London, England. Steve Jobs spoke to the press at the launch of the new Ipod Touch in San Francisco  (Photo by Cate Gillon/Getty Images)
Foto: Getty Images
Jakarta -

Masih ingat dengan iPod? sebuah perangkat pemutar musik populer yang kini sudah dihentikan produksinya oleh Apple. Meski demikian, ada pengguna yang masih menggunakan iPod bahkan mengopreknya dan mengupgradenya lebih canggih.

Dia adalah Guy Dupont yang berhasil mengoprek iPod Classic generasi ke-4 dan berhasil untuk memutar aplikasi musik Spotify.

Namun bukan perkara mudah mengingat pada model tersebut, Dupont tidak memiliki cara untuk menyambung ke internet melalui WiFi, jadi pada dasarnya dia harus membuat ulang perangkat tersebut agar dapat mengakses Spotify.

"SPot" yang dihasilkan memiliki fitur konektivitas WiFi dan Bluetooth, yang memungkinkannya untuk terhubung ke speaker dan headphone nirkabel, selain layar berwarna dan baterai 1.000mAh.

Dia kemudian mengganti semua bagian di dalamnya dengan Raspberry Pi Zero W yang berhasil ia temui dengan roda klik.

Ada juga motor yang menciptakan umpan balik haptik saat menggunakan roda klik. Untuk mengisi daya perangkat, ada port Micro-USB. Meskipun kami lebih suka koneksi USB-C, Micro-USB jelas merupakan peningkatan dari konektor 30-pin Apple.

Dilansir detiKINET dari Engadget, Jumat (29/1/2021) untuk mengoprek ini Dupont mengeluarkan biaya untuk komponennya kurang dari USD 100 di mana biaya paling mahal adalah layar warna seharga USD 40. Ia mengganti layar asli iPod (model generasi ke-4 adalah yang terakhir dikirimkan dengan layar monokromatik).

Salah satu alasan mengapa harganya sangat mahal adalah karena sebagian besar produsen tidak lagi membuat layar sekecil itu karena layar ponsel cerdas terkecil pun lebih besar daripada apa pun yang disertakan dengan iPod roda klik.

Fakta bahwa perangkat ini bekerja dengan sangat baik menunjukkan sedikit keberuntungan. Dupont menemukan artikel Hackaday yang sudah berusia satu dekade. Pada artikel tersebut dijelaskan secara rinci bagaimana salah satu konektor di dalam iPod bekerja. Itu memungkinkannya membuat roda klik berfungsi baik dengan semua komponen lainnya.

Pemrograman yang menggerakkan sPot adalah campuran dari perangkat lunak yang dibuat Dupont sendiri dan aplikasi bernama Raspotify, yang memungkinkan komputer Raspberry Pi untuk mengakses layanan streaming melalui Spotify Connect API.

Antarmuka front-end yang dia kodekan bahkan memungkinkan sPot untuk mencari lagu. Meskipun seperti yang dibayangkan, tanpa keyboard layar sentuh, perlu beberapa saat untuk memasukkan bahkan beberapa karakter.



Simak Video "Apple Perkenalkan AirTag, Perangkat Pesaing SmartTag Samsung"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)