3 Fitur Baru WhatsApp yang Keren dan Cara Pakainya

3 Fitur Baru WhatsApp yang Keren dan Cara Pakainya

Tim - detikInet
Rabu, 02 Des 2020 16:04 WIB
Ilustrasi WhatsApp
Aplikasi WhatsApp. Foto: dok. Rawpixel
Jakarta -

Menjelang akhir tahun 2020, setidaknya ada 3 fitur baru WhatsApp yang telah digelontorkan bagi pengguna. Ketiga fitur itu tergolong mantap alias berguna. Berikut fungsinya dan juga cara pakainya.

Bersihkan File WhatsApp dengan Mudah

Lantaran menjadi aplikasi messaging terpopuler, WhatsApp selalu digunakan. Selain untuk mengirim dan menerima pesan, juga foto dan video yang membuat memori HP penuh. Kadang-kadang hal itu tidak disadari sampai HP menjadi lemot karena WhatsApp secara default menyimpan file foto dan video ke storage HP. Maka perlu untuk membersihkannya secara rutin.

Sebelumnya, membersihkan file yang ditimbun WhatsApp cukup ribet prosesnya. Namun sekarang, dalam pembaharuan yang sudah bisa dipakai di pertengahan November, WhatsApp memudahkan proses itu di dalam aplikasi.

"Kami telah mempermudah peninjauan, menghapus item secara massal dan mengosongkan ruang," tulis WhatsApp. Nah, untuk menggunakan fitur ini sangatlah mudah.

Cara membersihkan file WhatsApp:

Buka WhatsApp -> Tekan Settings (untuk pengguna Android tekan ikon tiga titik di sudut kanan atas terlebih dulu) -> Pilih Data and Storage -> Tekan Manage Storage

Membersihkan file WhatsApp

Dari sini, kita bisa melihat kapasitas memori internal dan seberapa besar ruang yang dihabiskan data dari WhatsApp. Tampilannya cukup jelas dan tidak ribet untuk mengoperasikannya. Manage Storage akan menampilkan tinjauan dari item yang patut dihapus.

Lalu, ada kategori foto atau video yang paling banyak di-forward, file lebih dari 5 MB dan chat dengan ukuran data percakapan terbanyak. Pengguna WhatsApp bisa memilih satu persatu atau menyorot semua item untuk dihapus.

Meski ukurannya mungkin tidak begitu besar, foto, gambar meme atau video yang dikirim lewat WhatsApp memang tanpa sadar bikin ruang penyimpanan penuh karena terjadi secara terus menerus dan kadang tidak dipantau.

Halaman selanjutnya: Pesan terhapus otomatis...