7 Aplikasi Nomor Telepon, Lindungi Kalian dari Penipuan

Ancaman Keamanan HP

7 Aplikasi Nomor Telepon, Lindungi Kalian dari Penipuan

Josina - detikInet
Minggu, 25 Okt 2020 17:58 WIB
Truecaller
Aplikasi pengenal nomor telepon (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Kejahatan penipuan menjadi ancaman semua pengguna ponsel. Untung ada aplikasi nomor telepon, untuk mengidentifikasi telepon tidak dikenal.

Hal yang menjengkelkan dan akan sangat merasa terganggu jika sering menerima telepon di ponsel kalian dari nomor tak dikenal. Tak hanya itu, kerap juga dari nomor tak dikenal tersebut tak terangkat lalu si penelepon malah menawarkan produk-produk seperti kartu kredit atau layanan berlangganan lainnya yang membuat segan berlama-lama untuk telepon.

Parahnya jika nomor telepon itu adalah bagian dari penipuan, jika lengah bisa saja kita kena tipu hanya dari via telepon. Nah, dengan semakin maju teknologi saat ini, telah banyak aplikasi-aplikasi yang dapat membantu kita mendeteksi nomor tak dikenal yang dirangkum detikINET dari berbagai sumber, Minggu (25/10/2020).

Inilah sederet aplikasi pelacak nomor telepon:

truecallerTruecaller (Foto: Thewire)

1. Truecaller

Truecaller adalah aplikasi smartphone yang dapat menampilkan nama pengguna yang menelepon meski nomor tersebut belum tersimpan.

Tak hanya dapat mengidentifikasi nomor-nomor anonim, aplikasi ini juga memiliki direktori besar penelepon spam. Pengguna juga bisa menambahkan daftar nomor tertentu sebagai spam.

Dibuat oleh developer True Software Scandinavia AB, aplikasi asal Swedia ini dapat mendeteksi caller ID, contact blocking, SMS spam blocking dan juga berfungsi sebagai dialer. Aplikasi yang dirilis pada 2009 ini tersedia untuk perangkat iOS dan Android.

aplikasi alternatif truecallerWhoscall (Foto: Internet)

2. Whoscall


Whoscall dikembangkan oleh Gogolook, sebuah perusahaan yang berbasis di Taiwan. Aplikasi ini mengidentifikasi panggilan tak dikenal yang masuk sehingga pengguna dapat memutuskan menerima panggilan penting dari rekan bisnis atau mengabaikan panggilan yang tidak diinginkan.

Di dalamnya terdapat fitur pengaturan nomor, pemblokiran berdasarkan nomor dan kata kunci dan database offline. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis dan tersedia di platform Android dengan 10 bahasa berbeda.

Dengan mengandalkan jaringan lokal yang kuat, Whoscall melakukan pencarian melalui internet dan komunitas pengguna untuk menghasilkan konten dalam identifikasi nomor panggilan ponsel.

Whoscall masuk di dalam jajaran Aplikasi Terbaik Google Play 2013 di 8 negara Asia. Pada 2013, aplikasi ini diakuisisi oleh Naver sehingga menjadi satu naungan dengan aplikasi chat Line.

Selanjutnya: Showcaller dan Hiya...