HP Kecopetan, Segera Lakukan Hal ini

Ancaman Keamanan HP

HP Kecopetan, Segera Lakukan Hal ini

Fino Yurio Kristo - detikInet
Sabtu, 24 Okt 2020 16:12 WIB
ilustrasi smartphone
Ilustrasi HP kecopetan (Foto: Unsplash)
Jakarta -

Sudah banyak kasus HP dicuri orang atau dicopet. Kadang dalam situasi HP kecopetan seperti itu, kepanikan menguasai pemilik HP. Wajar saja, namun jangan terlalu lama bengong, harus ada tindakan segera untuk mengamankan HP ataupun data-data pentingnya.

Berikut beberapa hal yang perlu dilakukan jika HP kecopetan, seperti dihimpun detikINET dari berbagai sumber, Sabtu (24/10/2020):

1. Kunci HP Anda

Jambret atau copet bisa terjadi kapan saja. Maka sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, pastikan ponsel diamankan. Misalnya aktifkan password, pemindai sidik jari, atau pemindai wajah.

Kemudian, pastikan sudah punya back up data-data penting, bisa dengan cara manual atau melalui layanan cloud yang dewasa ini banyak alternatifnya. Jika Anda pengguna Android, Google Photos bisa dipakai untuk menyimpan semua foto dengan kualitas baik secara gratis.

Kabar baiknya seandainya terjadi pencurian ponsel, baik ponsel Android ataupun iPhone sudah punya solusi untuk setidaknya mengamankan data Anda dengan cepat. Cukup ikuti petunjuknya dan pastikan Anda bisa mengakses internet dengan perangkat lain.

2. Gunakan Find My Phone

Jika kehilangan HP kecopetan adalah Android, atau jam tangan Wear OS, Anda dapat menemukan, mengunci, atau menghapus datanya. Itu karena jika Anda telah menambahkan Akun Google ke perangkat, aplikasi Temukan Perangkat Saya atau Find My Phone otomatis diaktifkan.

Buka android.com/find, lalu login ke Akun Google. Di peta, Anda akan mendapatkan info tentang lokasi ponsel walau lokasi yang ditunjukkan adalah perkiraan dan mungkin tidak akurat dan jika ponsel tidak dapat ditemukan, Anda akan melihat lokasi terakhir yang diketahui, jika tersedia.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan di tautan itu, pertama menderingkan ponsel dengan volume maksimum selama 5 menit, meski perangkat disetel ke mode senyap. Mengunci ponsel dengan PIN, pola, atau sandi bisa pula dilakukan secara remote. Jika tidak memiliki kunci, Anda dapat menyetelnya.

Untuk mengamankan agar data sensitif tidak jatuh ke pencopet, hapus semua data di ponsel Anda secara permanen (tetapi mungkin tidak menghapus kartu SD). Tapi dengan catatan, setelah Anda menghapusnya, aplikasi Temukan Perangkat Saya tidak akan berfungsi pada ponsel atau HP kecopetan.

Selanjutnya: lacak dan laporkan...