Sebelum WhatsApp, Layanan Pesan Instan Jadul Ini Populer Banget

Sebelum WhatsApp, Layanan Pesan Instan Jadul Ini Populer Banget

Adi Fida Rahman - detikInet
Sabtu, 18 Jul 2020 20:16 WIB
smartphone
Foto: shutterstock
Jakarta -

Saat ini semua orang di dunia menggunakan WhatsApp untuk berkomunikasi. Tapi jauh sebelumnya layanan pesan instan berikut ini populer digunakan.

Beberapa layanan memiliki banyak pengguna sebelum zaman smartphone tiba. Ada yang kemudian tetap bertahan saat ponsel pintar marak digunakan, meski pada akhirnya harus pula menyerah terhempas sengitnya persaingan.

BBM

BBM merupakan kependekan dari BlackBerry Messenger. Layanan yang lahir 1 Agustus 2005 ini dibuat oleh BlackBerry yang kala itu bernama Research in Motion (RIM).

Begitu banyak orang kepincut oleh layanan ini. Dua hal yang begitu khas dari BBM adalah Ping, PIN dan R. Ping untuk memastikan teman chat aktif dan melihat pesan, PIN sebagai nomor identitas, dan R menandakan pesan sudah dibaca.

BBM sempat dibeli oleh Emtek pada 2016. Namun begitu kuatnya WhatsApp membuat layanan pesan instan ini ditamatkan riwayatnya pada 31 Mei 2019.

bbm blackberry messengerbbm blackberry messenger Foto: Electricpig

Yahoo Messenger

Salah satu produk Yahoo yang terpopuler selain layanan emailnya. Yahoo Messenger atau kerap disingkat YM pertama kali dikenalkan pada 9 Maret 1998.

Selain dengan kontak, pengguna bisa berbincang dan berkenalan dengan orang dari seluruh dunia di fasilitas Room. Dan sebelum emoji yang populer sekarang, YM punya emoticon dan avatar.

YM juga punya kemampuan telpon dan kirim pesan teks ke ponsel. Tidak ketinggalan fitur Buzz untuk mencolek lawan bicara dan status musik yang didengarkan dari Winamp.

Sayangnya YM ditutup 17 Juli 2018 setelah 20 tahunan menemani netizen.

yahoo messengeryahoo messenger Foto: Istimewa

mIRC

ASL PLS menjadi ciri khas layanan chatting yang sangat populer di era 90an. ASL artinya bukan kependekan dari kata asal, tapi Age, Sex (jenis kelamin), Location.

Sementara PLS kependekan dari please. Nah jika ditanya ASL PLS menjawabnya dengan format 25/F/JKT atau 25/M/BDG.

Lewat mIRC kita bisa berbincang teman atau orang yang belum dikenal lewat Channel. Beraneka ragam Channel bisa dipilih pengguna.

MIRCMIRC Foto: Istimewa

Dan bisanya dari Channel kemudian berlanjut ke percakapan personal. Bahkan ada yang sampai kopi darat.

Sayangnya ketika Yahoo Messenger mulai populer, netizen mulai meninggalkan mIRC. Pun begitu aplikasi ini masih bisa didownload dan digunakan loh.



Simak Video "Begini Cara Dapatkan Stiker Animasi di WhatsApp!"
[Gambas:Video 20detik]