Zoom Rambah Bisnis Hardware, Bikin Perangkat Video Chat

Zoom Rambah Bisnis Hardware, Bikin Perangkat Video Chat

Virgina Maulita Putri, Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 16 Jul 2020 22:12 WIB
perangkat video chat zoom
Zoom Rambah Bisnis Hardware, Bikin Perangkat Video Chat (Foto: Zoom)
Jakarta -

Tren kerja dari rumah sepertinya belum akan menghilang dalam waktu dekat. Sebagai salah satu pemimpin di bisnis layanan video conference, Zoom memanfaatkan kesempatan ini untuk merambah bisnis hardware.

Perusahaan besutan Eric Yuan ini merilis gadget pertamanya yang diberi nama Zoom for Home - DTEN ME, yang sepintas mirip tablet berukuran jumbo. Dikutip detikINET dari CNBC, Kamis (16/7/2020) perangkat ini dibuat oleh mitra Zoom, DTEN, dan dibanderol USD 599.

Perangkat ini terdiri dari layar sentuh berukuran 27 inch dengan tiga kamera wide angle dan delapan mikrofon. Aplikasi Zoom tentu telah dibenamkan di perangkat ini dan antarmukanya dirancang untuk memudahkan akses terhadap semua fitur Zoom.

Fungsinya bisa dibilang tidak jauh beda dengan perangkat video chat seperti Google Nest Hub dan Facebook Portal. Tapi perangkat-perangkat tersebut dibanderol dengan harga yang jauh lebih murah dibanding Zoom for Home.

Perangkat Zoom for Home bisa digunakan dengan akun Zoom yang telah dimiliki dan menyediakan akses terhadap semua fitur Zoom. Pengguna bisa memulai sesi meeting baru, membuat panggilan dan memberikan anotasi secara interaktif.

Pengguna juga bisa menghubungkan kalender yang berisi jadwal rapat mereka untuk tampil di sidebar. Jadi dalam sekali tap, pengguna bisa langsung terhubung dengan rapat selanjutnya.

Perangkat ini juga mendukung opsi screen sharing dengan laptop atau ponsel yang terhubung menggunakan gelombang ultrasonik. Metode ini mirip seperti Bluetooth, tapi bukan sinyal radio yang dikirimkan melainkan suara di antara 18-22 kHz yang tidak bisa didengar manusia.

Saat ini Zoom telah membuka pre-order untuk perangkat Zoom for Home dan akan mulai dikapalkan pada bulan Agustus.



Simak Video "Daftar Negara dan Lembaga yang Larang Penggunaan Zoom"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)