Aplikasi PeduliLindungi Bisa Seperti 'Surat Sehat' Bebas COVID-19

Aplikasi PeduliLindungi Bisa Seperti 'Surat Sehat' Bebas COVID-19

Agus Tri Haryanto - detikInet
Selasa, 30 Jun 2020 21:05 WIB
PeduliLindungi
Aplikasi PeduliLindungi Bisa Seperti Surat Sehat Bebas COVID-19 (Foto: Adi Fida Rahman/detikINET)
Jakarta -

Aplikasi PeduliLidungi saat ini dimanfaatkan untuk melacak penyebaran virus Corona di Indonesia. Tapi, ke depannya aplikasi andalan pemerintah itu bisa dimanfaatkan layaknya surat keterangan sehat bebas COVID-19.

Telkom yang merupakan aktor di balik keberadaan PeduliLindungi akan memperkaya lagi fitur-fitur di dalamnya, termasuk untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di era new normal saat ini.

"Nanti kita lengkapi juga dengan fitur-fitur tambahan yang akan berevolusi, sehingga nanti dengan aplikasi ini mobilitas masyarakat jadi dipermudah daripada harus bawa-bawa kayak surat bukti tes," ujar Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (30/6/2020).

Dilanjutkan Ririek, bukti tes COVID-19 yang terpampang di aplikasi PeduliLindungi bisa dimanfaatkan masyarakat dalam berkegiatan sehari-hari, misalnya masuk mal atau berpergian menggunakan transportasi umum.

"Bisa nanti untuk masuk mal, menggunakan transportasi seperti pesawat dan sebagainya. Ini terus kita kembangkan," sambungnya.

Bukan hanya untuk warga lokal, bukti tes COVID-19 di PeduliLindungi itu juga dapat digunakan turis yang akan mengunjungi Indonesia.

"Termasuk tadi ada diskusi awal, bagaimana mengatur turis yang khusus datang dari luar negeri. Di perbatasan sudah kita atur, tapi nanti begitu lalu lintas turis dibuka kembali, khususnya ke 10 destinasi, maka kita akan sesuaikan," tuturnya.

"Utimate-nya adalah di satu sisi kegiatan ekonomi berjalan, tapi di sisi lain risiko penambahan COVID-19 bisa kita manage, bahkan syukur-syukur berkurang nantinya bisa berkurang. Dan, PeduliLindungi adalah salah satu aplikasi yang diharapkan membantu itu," pungkas Bos Telkom ini.



Simak Video "Menkominfo Minta Selebgram Ajak Followers Instal PeduliLindungi"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)