Selasa, 26 Nov 2019 21:08 WIB

Tantangan Industri 4.0, Guru Bisa Kreatif Manfaatkan Teknologi

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Kelas Pintar Foto: Kelas Pintar
Jakarta - Di era industri 4.0, guru berperan penting bagi mencerahkan masa depan Indonesia. Pemanfaatan teknologi memungkinkan para guru tersebut dapat memberikan proses belajar dengan cara kreatif.

Fernando Uffie, Country Manager Extramarks Education Indonesia, pengembang aplikasi Kelas Pintar mengatakan, peran guru tidak mungkin tergantikan oleh teknologi. Menurutnya, justru kehadiran teknologi dapat menguatkan guru yang dituntut untuk lebih kreatif dalam proses belajar-mengajar.

"Guru masa kini di era industri 4.0 harus melek teknologi, agar lebih kreatif dan berkarakter, khususnya dalam proses belajar-mengajar. Karena siswa di era digital sekarang ini punya preferensi cara belajar yang beragam. Dominan adalah generasi visual. Sehingga metode penyampaian materi juga perlu disesuaikan, perlu campur tangan teknologi di dalamnya," kata Uffie.



Lebih lanjut Uffie mencontohkan dengan memanfaatkan teknologi, seorang guru akan sangat terbantu dalam berbagai hal, misalnya dalam penyediaan materi yang memudahkan guru untuk mengajar sesuai dengan karakter siswa. Apakah itu audio, visual, ataupun kinestetik.

Umumnya, tidak semua guru mampu membuat materi dalam bentuk audio, visual, ataupun kinestetik sesuai dengan karakter siswa tersebut. Ditambah lagi, guru belum tentu mengerti tentang teknologi.

Disinilah peran dari aplikasi atau solusi pendidikan diperlukan, di mana guru tidak perlu lagi repot membuat karena sudah disediakan. Hal itu yang ingin diatasi Kelas Pintar agar guru bisa memperkaya penyampaian materi bahkan dalam membuat soal-soal.

Tantangan Industri 4.0, Guru Bisa Kreatif Saat Manfaatkan TeknologiFoto: Kelas Pintar


Kelas Pintar mengklaim solusi yang diberikannya, yakni semua materi dan soal-soal yang ditawarkannya sudah sesuai dengan kurikulum 2013 revisi yang saat ini digunakan di sekolah-sekolah. Disebutkan bahwa guru tinggal membuka materi pelajaran yang akan diajarkan dan siswa dapat belajar dengan lebih menyenangkan.

Jika pun harus memberikan ujian harian atau ujian semester, guru dapat menjadikan materi dari Kelas Pintar ini untuk inspirasi dalam membuat soal-soal atau bahkan memberikan soal-soal yang sudah ada pada siswa.



Kelas Pintar mengungkapkan pihaknya memiliki segudang soal-soal yang dapat dipakai guru. Apalagi, soal-soal yang ada dikemas dalam beragam bentuk dan sudah disesuaikan dengan tuntutan kurikulum 2013, mulai dari pilihan ganda, essay, hingga berbentuk High Order Thinking Skill (HOTS), yang tidak hanya mengedepankan aspek pengetahuan, tapi juga aspek sikap dan prilaku.

Tak hanya untuk guru dan para siswa, Kelas Pintar juga dapat dipakai oleh orang tua yang ingin secara terintegrasi guna memantau dan mendukung perkembangan belajar anaknya melalui smartphone dan komputer.

Simak Video "3 Aplikasi Ini Bisa Menyadap WhatsApp"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)