Usai Suntik Mati TV Analog, Kominfo Akan Lelang Frekuensi 700 MHz

Usai Suntik Mati TV Analog, Kominfo Akan Lelang Frekuensi 700 MHz

ADVERTISEMENT

Usai Suntik Mati TV Analog, Kominfo Akan Lelang Frekuensi 700 MHz

Agus Tri Haryanto - detikInet
Minggu, 20 Nov 2022 13:01 WIB
PT XL Axiata Tbk terus memperluas jaringan 4G milik mereka. Kini warga Cirebon, Jawa Barat bisa menikmati layanan 4G dari XL.
Kominfo akan melakukan lelang frekuensi 700 MHz usai Analog Switch Off (ASO) rampung seluruhnya. Foto: Rachman Haryanto
Badung -

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengungkapkan siap lelang frekuensi 700 MHz usai rampungnya proses penghentian siaran TV analog atau dikenal dengan Analog Switch Off (ASO).

Sebagai informasi, suntik mati TV analog ini telah diterapkan pada 2 November 2022. Hanya saja pelaksanaannya baru di 230 kabupaten/kota, termasuk wilayah Jabodetabek. Kominfo berencana akan memperluas cakupannya penghentiannya.

"Ya, ini abis G20, nanti dilaporkan ke Pak Menteri (Kominfo-red) untuk dapat putusan beliau lagi tahapan selanjutnya," ujar Dirjen SDPPI Kementerian Kominfo, Ismail.

Dengan migrasi TV analog ke digital ini akan menghasilkan digital dividen di pita frekuensi 700 MHz sebesar 112 MHz yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk layanan internet, seperti 5G, maupun kebutuhan lainnya.

Sisa dari efisiensi di frekuensi 700 MHz itu yang nantinya akan dilelang oleh Kominfo untuk pengembangan koneksi internet di Indonesia, salah satunya untuk meningkatkan jaringan seluler yang belum lama menyapa masyarakat, yakni 5G.

Mengingat peralihan siaran TV analog ke TV digital masih terus berlanjut, Kominfo belum bisa memastikan jadwal lelang frekuensi 700 MHz. Namun tidak menutup kemungkinan, lelang frekuensi 'emas' itu terjadi pada tahun depan.

"Ya, belum bisa ditentukan waktunya sekarang. (Tahun depan-red) iya Insya Allah," ucap Ismail.

Frekuensi 700 MHz kerap disebut sebagai frekuensi 'emas' lantaran memiliki coverage band lebih luas dibandingkan band lainnya.

Kelebihan itu yang dimanfaatkan dalam meningkatkan layanan internet yang saat ini masih terus dikembangkan, yaitu 4G atau layanan jaringan seluler generasi terbaru atau 5G yang baru hadir di Indonesia sejak Mei 2021.



Simak Video "Hari Ini Suntik TV Mati Analog, Warga Parepare Belum Tahu Migrasi TV"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/agt)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT