Intip Serunya Lorong Transformasi Digital di DTE Bali

ADVERTISEMENT

Intip Serunya Lorong Transformasi Digital di DTE Bali

Sukma Nur - detikInet
Rabu, 09 Nov 2022 18:14 WIB
Digital Transformation Expo (DTE)
Foto: Kominfo
Jakarta -

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) turut andil dalam gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali. Dalam kesempatan itu, Kominfo menggelar Digital Transformation Expo (DTE) sebagai side event yang mencakup empat pilar strategis transformasi digital.

Adapun empat pilar strategis transformasi digital tersebut adalah infrastruktur digital, pemerintahan digital, masyarakat digital, dan ekonomi digital.

DTE ini tidak hanya menjadi salah satu side event KTT G20, tetapi juga menjadi salah satu deliverable Digital Economy Working Group (DEWG), yang akan digelar di Bali Nusa Dua Convention Center, Bali pada tanggal 13-17 November 2022 mendatang.

Mengangkat tema yang sama dengan DEWG, 'Mencapai Pemulihan yang Tangguh: Bekerja Sama untuk Transformasi Digital yang Lebih Inklusif, Memberdayakan, dan Berkelanjutan', acara ini akan memperlihatkan perjalanan transformasi digital dan capaian signifikan dari Indonesia dan anggota G20.

"Kita ingin menjadikan Digital Transformation Expo sebagai showcase perjalanan transformasi digital Indonesia. Melalui expo ini, kita akan menunjukkan kepada dunia, terutama kepada negara-negara anggota G20, Indonesia mengalami perkembangan bidang digital dengan pesat dan mampu memanfaatkannya menjadi solusi," ujar Chair Digital Economy Working Group Mira Tayyiba dalam keterangan tertulis, Rabu (9/11/2022).

DTE bertujuan menampilkan pentingnya kerja sama lintas sektor dalam melakukan transformasi digital di setiap anggota G20. Gelaran ini juga untuk memperkuat ekosistem digital global dengan mengedepankan peluang dan potensi negara berkembang untuk memimpin forum berbagi pengalaman, agenda, dan inovasi.

Ada beberapa zona transformasi digital yang menawarkan keseruan untuk para pengunjung di DTE ini. Biar tidak penasaran, yuk intip zona-zona tersebut.

1. Dunia Semakin Terkoneksi, Semakin Digital

Memasuki area DTE, pengunjung disuguhkan dengan visualisasi konektivitas dunia yang semakin erat dan gaya hidup masyarakat digital. Disajikan gambaran peta dunia dan komponen realitas digital seperti arus data, coding source, metaverse, media sosial, kecerdasan buatan (artificial intelligence), dan virtual reality. Pengunjung akan merasakan sensasi percepatan perubahan dunia dalam air terjun data digital dan menyaksikan pencapaian-pencapaian Indonesia sebagai upaya percepatan dunia digital pada tonggak Presidensi G20 tahun ini.

2. Selamat Datang di Indonesia

Setelah diberikan gambaran mengenai konektivitas dunia melalui zona sebelumnya, dalam zona ini pengunjung akan diajak untuk mengunjungi wisata alam Indonesia yang indah secara virtual. Adapun destinasi wisata unggulan Indonesia yang diciptakan kembali secara digital adalah Danau Toba, Candi Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang.

3. Zona Utama - Transformasi Digital Indonesia

Pada zona ini pengunjung dapat melihat kontribusi dan partisipasi Indonesia di dunia digital. Perkembangan transformasi digital Indonesia yang terjadi secara cepat akan digambarkan ulang menggunakan teknologi mutakhir dan disajikan dalam bentuk statistik pencapaian utama.

Zona ini juga menghadirkan visi dan misi Presiden Joko Widodo mengenai percepatan transformasi digital dalam empat pilar utama transformasi digital menuju Indonesia Maju.

Digital Transformation Expo (DTE)Digital Transformation Expo (DTE) Foto: Kominfo

4. Zona Utama - Transformasi Digital Negara-negara Anggota G20

Dalam zona ini, pengunjung akan merasakan berbagai upaya transformasi digital yang sudah dilakukan negara-negara anggota G20. Zona ini akan menampilkan video dalam bentuk story-telling dengan durasi dua menit dan menampilkan salah satu dari pilar transformasi digital yang terpilih dari anggota G20.

5. Zona Penutupan - Rangkuman DTE

Menutup perjalanan para pengunjung, DTE menghadirkan 'Wall of Collaboration' yang menggambarkan sinergi dan kerja sama antara kementerian di Indonesia. Pengunjung akan diingatkan kembali mengenai potensi sektor digital Indonesia.

Pada akhirnya, transformasi digital dan dunia yang terhubung tidak bisa diciptakan dan dimanfaatkan secara optimal tanpa adanya kolaborasi lintas negara dan lintas sektor. Karena itu, zona penutupan mengajak kolaborasi untuk melakukan percepatan transformasi digital dalam harmoni.

Metaverse Corner: Where Tomorrow is Now

Terdapat dua pilar utama perkembangan sektor digital Indonesia dan dunia yang ingin ditonjolkan dalam Metaverse Corner, yaitu (1) The Future of Education, (2) The Future of Commerce.

Di zona ini, para pengunjung diajak untuk merasakan berbagai perubahan nyata di dunia melalui penggunaan teknologi AR dan VR. Dalam kegiatan itu, pengunjung akan melihat kondisi dunia digital dan dunia nyata yang semakin bersatu.

Digital Transformation Expo (DTE)Digital Transformation Expo (DTE) Foto: Kominfo

Bagaimana? Sangat menarik dan sayang jika tidak dikunjungi, kan? Untuk mengunjungi DTE ini, masyarakat bisa melakukan registrasi melalui link berikut https://dte.g20.org.

(fhs/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT