Bujuk Rayu ke China: Kembangkan Teknologi 4G dan 5G di RI

ADVERTISEMENT

Bujuk Rayu ke China: Kembangkan Teknologi 4G dan 5G di RI

Agus Tri Haryanto - detikInet
Jumat, 09 Sep 2022 16:30 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate, melakukan pertemuan dengan Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia, Lu Kang, membahas kerja sama transformasi digital di Indonesia, khususnya pengembangan teknologi 5G.
Foto: Kominfo
Jakarta -

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate, melakukan pertemuan dengan Duta Besar China untuk Indonesia, Lu Kang, membahas kerja sama transformasi digital di Indonesia, khususnya pengembangan teknologi 5G.

Dalam pertemuan yang berlangsung di Rumah Dinas Menteri Kominfo, Widya Chandra, Jakarta, Kamis (8/9/2022) Johnny mengatakan Pemerintah Indonesia dan China akan meningkatkan kerja sama di bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk percepatan transformasi digital nasional.

Menkominfo menyebutkan perusahaan asal China akan terus berusaha membantu dalam hal investasi serta melaksanakan pekerjaan pembangunan infrastruktur TIK di Indonesia agar dapat berjalan dengan baik.

"Kerjasamanya terus kita bangun, diskusinya sangat luas mulai dari teknologi informasi hulu atau upstream sampai dengan pemanfaatan ruang digital berupa aplikasi informatika," ujar Menkominfo seperti dalam tertera dalam siaran pers.

Menkominfo mengharapkan pertemuan ini diharapkan makin mempererat hubungan kerja sama kedua negara, khususnya berkaitan dengan dukungan pengembangan 5G di Indonesia.

"Saya tentu berharap kerjasama Indonesia dan Tiongkok terus bertumbuh, berkembang. Tidak saja dalam rangka mendukung 4G network di Indonesia, tapi juga dalam rangka pengembangan teknologi 5G," tandasnya.

Duta Besar Lu Kang mengatakan bahwa industri ekonomi digital menjadi salah satu bidang penting bagi setiap negara. Menurutnya hal itu juga menjadi perhatian Pemerintahan Presiden Joko Widodo saat ini.

Ia juga menjelaskan industri TIK dan investor dari negeri Tirai Bambu telah banyak bekerja sama dan beroperasi di Indonesia. Bahkan, disampaikannya telah terjadi perkembangan kerja sama bilateral di hampir semua lini.

"Sebenarnya Bapak Menteri memberi saya banyak nasihat yang baik dan untuk panduan bagaimana China dan Indonesia harus melanjutkan pembangunan ini, yang dapat membawa hasil dan manfaat yang nyata bagi kedua negara," pungkasnya.



Simak Video "Jawaban Menkominfo soal Ganti Nomor Indonesia ke Provider AS"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/agt)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT