Daftar PSE yang Terbaru, Lolos Pemblokiran Kominfo

ADVERTISEMENT

Daftar PSE yang Terbaru, Lolos Pemblokiran Kominfo

Agus Tri Haryanto - detikInet
Selasa, 19 Jul 2022 14:45 WIB
Bangkok, Thailand - JUN 18, 2018: social medial app iPhone mobile phone with blue screen background technology business smartphone digital communication facebook and internet editorial
Foto: Getty Images/iStockphoto/Wiyada Arunwaikit
Jakarta -

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengungkapkan data terkini terkait Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat yang telah terdaftar di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Siapa saja mereka?

Pendaftaran PSE telah diamanatkan Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggara Sistem dan Transaksi Elektronik, serta Peraturan Menteri Kominfo Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat. Batas waktu pendaftaran, PSE Lingkup Privat, baik yang lokal maupun asing untuk mendaftarkan diri hingga 20 Juli 2022.

Dirjen Aptika Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pengerapan mengatakan pendaftaran PSE ini dimaksudnya sebagai pendataan perusahaan yang beroperasi secara digital di Indonesia.

"Kalau kita lihat sudah banyak yang sudah daftar, Google Cloud, Mi Chat, Tiktok, Spotify, Mobile Legends, game lokal juga sudah banyak yang daftar. Lalu, Traveloka, Gojek, layanan banking juga sudah mendaftar. Netflix terakhir kami juga lihat sudah mendaftar," ujar Semuel di Gedung Kominfo, Jakarta, Selasa (19/7/2022).

Daftar beberapa PSE terbaru yang sudah terdaftar terhitung pada siang hari, Selasa (19/7/2022):
* Netflix
* Google Cloud Service
* Microsoft Cloud Service
* Shopee
* Discord
* KAI Access
* Tiket
* Pegipegi
* Mtix
* Blibli
* Livin 2.0 by Mandiri
* BNI Mobile Banking
* Mobile Banking BTN
* Jenius
* OLX
* JD.ID

Hanya saja dari PSE yang terdaftar, perusahaan teknologi besar seperti Google, YouTube, Facebook, Instagram, WhatsApp, masih belum mendaftar. Namun, Kominfo menyakini bahwa mereka sedang dalam proses pendaftaran sehingga tidak termasuk yang akan diblokir nantinya.

"Saya tidak tahu apa kendalanya PSE yang belum mendaftar, mungkin seperti mahasiswa yang SKS yang sistem kebut semalam, mungkin last minute," pungkas Semuel.

Sebelumnya beberapa yang sudah terdaftar PSE Lingkup Privat Kominfo, di antaranya:

Microsoft Cloud Services
- Genshin Impact
- Telegram
- Gojek
- Gopay
- Mobile Legends: Adventure
- Mobile Legends: Bang Bang
- Mi Chat
- Mypertamina
- Capcut
- Resso
- Ragnarok X: Next Generation
- Tiktok
- Tokopedia
- Bukalapak
- Dailymotion
- Cloneit
- Shareit
- Linktree
- Spotify
- Traveloka



Simak Video "Kominfo Tegaskan Aturan PSE Lingkup Privat Bukan untuk Batasi Konten"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT