Asal Muasal Kabar Jack Ma Lakukan Kejahatan dan Ditangkap

Asal Muasal Kabar Jack Ma Lakukan Kejahatan dan Ditangkap

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 04 Mei 2022 09:20 WIB
Pendiri Alibaba Jack Ma kembali tiarap setelah sempat hilang dari publik, mengapa demikian?
Jack Ma. Foto: BBC Magazine
Jakarta -

Kabar bahwa Jack Ma ditangkap oleh otoritas China membuat harga saham Alibaba turun di bursa Hong Kong. Bagaimana asal muasal isu tersebut?

"Saham Alibaba turun setelah adanya rumor yang tidak terkonfirmasi yang mengaitkan pendiri perusahaan itu Jack Ma dengan investigasi keamanan nasional," tulis CNBC yang dikutip detikINET.

Awalnya, media pemerintah China melaporkan bahwa pada tanggal 25 April, biro keamanan di kota Hangzhou melakukan investigasi kriminal pada seorang individu dengan nama belakang Ma terkait kecurigaan membahayakan keamanan nasional.

"Seorang pria dengan nama belakang Ma ditempatkan dalam penindakan kriminal, diduga dia berkolusi dengan kekuatan asing dan mencoba untuk menumbangkan dan memecah belah negara," tulis Global Times, media yang dikendalikan pemerintah China.

Wajar jika kemudian timbul sangkaan bahwa orang itu adalah Jack Ma. Sebelumnya, Jack Ma sudah dirumorkan ditahan setelah mengkritik sistem keuangan China dan jarang muncul ke publik.

Spekulasi itu terpatahkan ketika akhir tahun silam Jack Ma melanglang buana ke Eropa. Tapi siapa tahu pemerintah China kemudian berubah pikiran.

Akan tetapi lewat informasi Global Times pula, dapat dipastikan bahwa orang itu bukan Jack Ma. Pertama, pelaku punya nama pertama dengan dua karakter China. Sedangkan Jack Ma hanya punya satu karakter pada nama pertamanya. Profesi mereka juga berbeda.

Kemudian, tanggal lahirnya adalah pada tahun 1985 yang artinya jauh lebih muda dari Jack Ma. Jack Ma sendiri lahir di kota Hangzhou pada September 1964.

"Ma, yang lahir di 1985 di Wezhou Provinsi Zhejiang bekerja sebagai direktur riset dan pengembangan hardware di sebuah perusahaan TI," demikian laporan dari Global Times.



Simak Video "Canggih! Petani Durian Ini Kontrol Tanamannya Lewat Laptop"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)