Foto Bareng Jack Ma dan Vicky Zhao yang Sama-sama 'Hilang'

Foto Bareng Jack Ma dan Vicky Zhao yang Sama-sama 'Hilang'

Fino Yurio Kristo - detikInet
Minggu, 05 Sep 2021 05:40 WIB
Jack
Foto Jack Ma dan Vicky Zhao di sebuah acara. Foto: People Daily
Jakarta -

Jack Ma sudah sekitar 10 bulan tidak muncul di hadapan publik setelah mengkritik sistem keuangan China. Kini Vicky Zhao giliran diberangus pemerintah China sehingga tidak ada lagi nama ataupun karyanya di internet negara itu. Ada spekulasi salah satu penyebab dicekalnya Zhao adalah relasinya dengan sang pendiri Alibaba.

Tidak ada keterangan resmi kenapa Vicky Zhao atau Zhao Wei disensor dari dunia maya. Otoritas mungkin sedang melakukan penyelidikan. Spekulasi bermunculan, misalnya investasinya dengan suami melanggar hukum, memuja Jepang yang merupakan hal 'haram' di China, sampai kedekatan dengan Jack Ma.

Sumber Today Online yang dikutip detikINET menyebut ada masalah pajak mendera Vicky Zhao "yang terkait dengan kedekatannya pada Jack Ma".

Selain aktris, Zhao juga seorang pebisnis. Dia membangun kekayaan dengan investasi ke berbagai perusahaan, termasuk di studio film Alibaba Pictures di akhir tahun 2014. Pada 2015, suaminya Huang Youlong juga bermitra bisnis dengan Jack Ma.

Seandainya IPO Ant Group yang didirikan Jack Ma tidak dibatalkan oleh pemerintah China, keluarga Vicky Zhao bakal makin kaya. Sebab, ibu Zhao adalah pemegang saham perusahaan private equity yang telah berinvestasi pada Ant di tahun 2016.

Zhao sendiri memang berjumpa beberapa kali dengan Jack Ma di acara resmi. Bahkan beberapa tahun lalu sempat ada gosip mengenai hubungan mereka yang dibantah oleh Jack Ma.

"Saya pikir saya bertemu dengan dia setidaknya lima kali dan itu hanya pada saat kami menghadiri acara amal yang sama," kata Jack Ma pada tahun 2016 silam.

Jack Ma merasa perlu klarifikasi karena ada yang menggosipkan seolah-olah mereka selalu bersama. "Saya bertanya-tanya kenapa kami dihubungkan satu sama lain. Saya tidak mengerti," katanya, menambahkan bahwa ada orang yang memanipulasi fotonya dengan Vicky Zhao sehingga tampak sering bersama.



Simak Video "Vicky Zhao Online Lagi Usai 'Dilenyapkan' Pemerintah China"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/agt)