Rumor Jack Ma Ditangkap, Saham Alibaba Terpangkas - Halaman 2

Rumor Jack Ma Ditangkap, Saham Alibaba Terpangkas

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 04 Mei 2022 05:45 WIB
Jack Ma menghilang dari pandangan publik. Sebelumnya pemilik Alibaba dan Ant Group itu mengkritik regulator China pada konferensi di Shanghai pada Oktober 2020.
Jack Ma. Foto: AP Photo

Dengan demikian, dapat dipastikan bahwa Jack Ma baik-baik saja. Jack Ma kini memang terkesan sudah tidak begitu mengurus bisnisnya. Dia juga lama tidak tampil di hadapan publik semenjak pemerintahan Xi Jinping membatasi sepak terjangnya maupun perusahaannya.

Semua berawal di tahun 2020 di mana dia mengkritik sistem keuangan di China. Sejak itu, dia tidak banyak bicara dan perusahaannya Alibaba serta Ant Group mendapat regulasi yang jauh lebih ketat dari pemerintah, termasuk denda.

Pada Oktober 2021, Jack Ma sempat keluar negeri sehingga mematahkan spekulasi dia tidak boleh kemana-mana. Dia antara lain pergi ke Spanyol dan Belanda untuk mempelajari teknologi pertanian di sana.

Misi baru Jack Ma sepertinya adalah untuk membantu pendidikan di pedesaan China dan juga para petani, dengan tetap low profile. Hal ini ia tuliskan secara khusus dalam surat yang dikirim pada Presiden China, Xi Jinping.

"Dia menulis secara langsung pada Xi di awal tahun ini untuk menawarkan pengabdian seluruh hidupnya untuk mendidik warga pedesaan, menurut sumber pemerintah yang mengatakan sang presiden membicarakan surat itu," tulis Reuters beberapa waktu silam.

(fyk/fyk)