Ketika Jack Ma Mengaku Orang Bodoh

Ketika Jack Ma Mengaku Orang Bodoh

Fino Yurio Kristo - detikInet
Minggu, 14 Nov 2021 17:19 WIB
Jack Ma menghilang dari pandangan publik. Sebelumnya pemilik Alibaba dan Ant Group itu mengkritik regulator China pada konferensi di Shanghai pada Oktober 2020.
Jack Ma. Foto: AP Photo
Jakarta -

Cerita Jack Ma dalam meraih keberhasilan bersama Alibaba memang inspiratif. Bisa dibilang ia tak punya modal, keluarganya miskin dan Ma mengaku sering mengalami kegagalan di hidupnya. Selain itu dalam berbagai kesempatan, ia mengaku sebagai orang bodoh.

Dihimpun detikINET dari berbagai sumber, Minggu (14/11/2021) Ma pernah mengaku lemah di bidang akademis, khususnya matematika. Soal manajemen pun tidak dikuasainya dengan baik, demikian pula dengan seluk beluk teknologi.

"Aku tidak pandai Matematika, aku tidak pernah belajar manajemen dan masih gagap membaca laporan akuntansi," kata Jack Ma mengakui kelemahannya.

"Bahkan sampai hari ini, aku masih tak memahami apa itu coding, aku masih tidak memahami teknologi di balik internet," katanya lagi dalam suatu kesempatan.

"Aku pria yang sangat sederhana, aku tidak pintar. Setiap orang berpikir Jack Ma itu orang yang sangat pandai. Tampangku mungkin pintar tapi otakku sangat bodoh," begitu pengakuan Jack Ma.

"Aku bukan seorang tech guy. Aku melihat teknologi dari mata konsumenku, mata orang normal. Aku tak tahu apapun soal teknologi," ini juga pernah ia katakan.

Orang-orang pun jadi terkesan dengan Jack Ma yang terkesan rendah hati. Namun kemudian, Jack Ma dinilai benar-benar melakukan kebodohan dengan mengkritik sistem keuangan China sehingga dijegal negaranya dan tak lagi tampil di publik.

Sosok ikonik di jagat teknologi itu dinilai melakukan blunder atau salah kalkulasi. Padahal ia sebenarnya sudah diingatkan jangan berbicara kontroversial lantaran beberapa pejabat tinggi China hadir saat dia menyampaikan pidatonya.

"Mereka (pemerintah) China menamparnya. Dia telah belajar, itulah kenapa dia menjadi diam. Sebagian temannya berkata pada saya bahwa mereka tak percaya betapa bodoh Jack Ma," kata Shaun Rein, konsultan bisnis di Shanghai beberapa waktu yang lalu.



Simak Video "Masih Soal Misteri Menghilangnya Jack Ma"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)