Kominfo Pastikan STB TV Digital Tidak Langka Seperti Minyak Goreng

Kominfo Pastikan STB TV Digital Tidak Langka Seperti Minyak Goreng

Agus Tri Haryanto - detikInet
Selasa, 12 Apr 2022 17:42 WIB
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memastikan ketersediaan set top box (STB) tidak akan langka ataupun mahal seperti yang terjadi pada minyak goreng.
Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto
Jakarta -

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memastikan ketersediaan set top box (STB) tidak akan langka ataupun mahal seperti yang terjadi pada minyak goreng.

Kepastian diungkapkan setelah Kominfo melakukan rapat secara tertutup dengan penyelenggara multipleksing (mux) terkait penghentian siaran TV analog atau Analog Switch Off (ASO).

"Ini sudah jauh-jauh hari kami diskusikan dengan Kementerian Perindustrian terkait hal ini. Seluruh produsen set top box sudah bersiap-siap diri," ujar Plt Dirjen PPI Kementerian Kominfo, Ismail di Jakarta, Selasa (12/4/2022).

Ismail mengimbau agar masyarakat segera membeli perangkat STB agar TV analog masih dapat dimanfaatkan untuk menangkap sinyal siaran TV digital saat ASO mulai diimplementasikan.

"Saat ini produksi cukup banyak dan juga cukup besarlah yang kami dapatkan laporan dari produsen set top box secara nasional. Insya Allah mencukupi, yang penting jangan membeli secara bersamaan, makanya sekarang bisa dibeli," ungkap Ismail.

Berdasarkan produksi dari 18 produsen STB yang ada di tanah air, Kominfo juga memastikan ketersediaan menjadi mahal seperti halnya yang terjadi pada minyak goreng.

Sebagai informasi, harga STB di pasaran saat ini sekitar mulai dari Rp150 ribu sampai Rp300 ribuaan yang harga tersebut sesuai fitur dan kualitas masing-masing perangkat.

Diperkirakan ada sebanyak 40 juta TV analog yang beredar di masyarakat. Untuk kelompok rumah tangga miskin, Kominfo dan penyelenggara mux akan menyalurkan bantuan set top box gratis TV digital sebanyak 6,7 juta unit.

Sedangkan, bagi keluarga mampu, tidak akan mendapatkan subsidi dan membeli perangkat STB secara mandiri yang bisa dilakukan secara offline maupun online.

"Harga tentu karena jumlah tersedia banyak, kita akan mengalami kelangkaan seperti minyak goreng, enggak lah. Ini jumlahnya juga banyak. Harga (set top box) kompetitif, justru sekarang bergerak turun," pungkasnya.

Proses migrasi TV analog ke digital tersebut akan terbagi ke dalam tiga tahap. ASO Tahap 1 pada 30 April 2022, ASO Tahap 2 pada 25 Agustus 2022 dan ASO Tahap 3 pada 2 November 2022.



Simak Video "TV Analog Disetop, Ini Daftar 25 STB Penunjang Siaran TV Digital "
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)