Penipuan NFT Senilai Rp 15,7 Miliar, Dua Pria Ditahan

Penipuan NFT Senilai Rp 15,7 Miliar, Dua Pria Ditahan

ADVERTISEMENT

Penipuan NFT Senilai Rp 15,7 Miliar, Dua Pria Ditahan

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 25 Mar 2022 20:35 WIB
NFT Frosties
Dua Pria DitahanTerkait Penipuan NFT Senilai Rp 15,1 Miliar Foto: Screenshot/OpenSea
Jakarta -

Otoritas Amerika Serikat mendakwa dua pria bernama Ethan Nguyen dan Andre Llacuna atas kasus penipuan dan pencucian uang lewat skema 'rug pull'. Rug pull merupakan istilah penipuan dalam kripto, di mana developer menutup proyeknya secara tiba-tiba setelah mengumpulkan dana dari investor.

Keduanya diketahui menjual NFT karakter kartun bernama Frosties. Setelah menjual habis NFT dengan nilai USD 1,1 juta (Rp 15,7 miliar), keduanya menutup proyek tersebut dan mentransfer uangnya ke beberapa dompet kripto terpisah.

Proyek Frosties mulai diselidiki oleh Internal Revenue Service, Criminal Investigation (IRS-CI) dan Homeland Security Investigations (HCI) pada bulan Januari, tidak lama setelah menerima keluhan tentang dugaan penipuan.

Frosties sendiri merupakan proyek yang berskala besar. Mereka menjual 8.888 NFT yang masing-masing dihargai USD 130 dalam bentuk Ethereum dan habis terjual dalam waktu satu jam setelah diluncurkan.

Tapi setelah habis terjual dua kreatornya langsung melarikan diri. Parahnya, pemilik NFT Frosties yang mencoba menjual kembali koleksinya hanya mendapatkan berapa dolar saja.

Para korban juga sudah kehilangan harapan akan mendapatkan bonus yang dijanjikan kreator, seperti avatar pilihan mereka dalam bentuk 3D dan video game Frosties. Kini dua kreatornya sudah ditahan di Los Angeles, California dan terancam hukuman penjara maksimal 20 tahun.

Nguyen ternyata sempat meminta maaf kepada komunitas Frosties di Discord. Ia juga mengirimkan beberapa Ethereum kepada moderatornya untuk meminta maaf dan menyarankan mereka untuk menghapus akun Discord tersebut.

"Saya tahu ini mengejutkan, tapi proyek ini akan berakhir. Saya tidak pernah berniat untuk melanjutkan proyeknya, dan saya tidak memiliki rencana apapun di masa depan," kata Nguyen, seperti dikutip dari The Verge, Jumat (25/3/2022).

Meski proyek Frosties telah gulung tikar, Nguyen dan Llacuna tampaknya masih belum kapok meluncurkan proyek NFT. Keduanya sedang bersiap meluncurkan proyek NFT baru bernama Embers yang dijadwalkan rilis pada akhir Maret.

Skema penipuan rug pull di dunia kripto memang semakin sering terungkap seiring popularitasnya yang meningkat, tapi jarang diusut sebagai kasus pidana. Menurut data Chainalysis, total kerugian dari penipuan rug pull mencapai USD 2,8 miliar dalam bentuk kripto, atau 37% dari semua penipuan kripto.



Simak Video "Walau Alami Penurunan, Developer yakin Harga Kripto Akan Tetap Bullish"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT