Warga Bengkulu, Kominfo Bagikan 14.713 Set Top Box Gratis TV Digital

ADVERTISEMENT

Warga Bengkulu, Kominfo Bagikan 14.713 Set Top Box Gratis TV Digital

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 14 Mar 2022 13:24 WIB
Pemerintah mewanti-wanti masyarakat untuk bersiap migrasi ke TV digital. Set top box (STB) untuk migrasi ke TV digital pun sudah mulai marak dijual di toko elektronik.
Foto: Andhika Prasetia
Jakarta -

Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengalokasikan 14.713 set top box gratis TV digital untuk wilayah Bengkulu.

Bantuan ini diberikan kepada rumah tangga miskin yang wilayahnya terdampak penghentian siaran TV analog atau Analog Switch Off (ASO) Tahap 1.

"Di Bengkulu, tahap pertama ini implementasi ASO mencakup Kota Bengkulu dan Bengkulu Tengah," ujar Staf Khusus Menkominfo Bidang Komunikasi Politik, Philip Gobang dalam pernyataan yang dikutip dari situs Kominfo, Senin (14/3/2022).

Dari total set top box gratis TV digital untuk rumah tangga miskin di wilayah tersebut, 9.636 unit set top box didistribusikan di Kota Bengkulu dan 5.077 untuk wilayah Kabupaten Bengkulu Tengah.

Disampaikan penerima bantuan ini, datanya sudah tercatat di Kementerian Kominfo melalui penyelenggara multipleksing (mux).

Meski beralih dari siaran TV analog ke TV digital, masyarakat masih bisa menikmati siaran digital dengan gratis seperti sebelumnya.

"Yang paling cepat langsung dirasakan oleh masyarakat adalah kita bisa menonton siaran TV digital dengan gambar yang lebih bersih, suara lebih jernih dan teknologi yang lebih canggih, yaitu 5G," tandasnya.

Set Top Box (STB) atau dekoder adalah perangkat yang berfungsi untuk mengubah sinyal yang diterima dari satelit, kabel, ataupun internet ke dalam format analog agar siaran TV digital dapat ditampilkan ke layar TV analog.

Pemerintah dan penyelenggara multipleksing (mux) menyiapkan sebanyak 6,7 juta perangkat set top box yang akan didistribusikan kepada kelompok rumah tangga miskin di seluruh Indonesia.

Set top box gratis TV digital tersebut dibagikan dalam tiga tahap, sesuai dengan implementasi migrasi TV analog ke digital.


Berikut tahap penghentian siaran TV analog ke siaran TV digital di seluruh wilayah Indonesia:

Tahap 1
30 April 2022 di 56 Wilayah mencakup 166 Kabupaten/Kota

Tahap 2
25 Agustus 2022 di 31 Wilayah mencakup 110 Kabupaten/Kota

Tahap 3
2 November 2022 di 25 Wilayah mencakup 63 Kabupaten/Kota



Simak Video "TV Analog Disetop, Ini Daftar 25 STB Penunjang Siaran TV Digital "
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT