Ini Fitur-fitur Set Top Box TV Digital Evercoss

ADVERTISEMENT

Ini Fitur-fitur Set Top Box TV Digital Evercoss

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Minggu, 13 Mar 2022 16:15 WIB
Jakarta -

TV yang tak mempunyai tuner standar DVB-T2 memerlukan set top box (STB) agar bisa menikmati siaran TV digital di Indonesia. Salah satunya menggunakan STB dari Evercoss. Apa keunggulannya?

Marketing Communication Evercoss, Aldiano Sikumbang menuturkan untuk menonton siaran televisi digital, perlu penyesuaian perangkat. Bila perangkat TV di rumah sudah ada tuner standar DVB T2 di dalamnya, cukup lakukan scanning ulang.

Namun bila pesawat televisi masih analog dan tidak berencana mengganti pesawat televisi, cukup menambahkan STV yang bersertifikasi lalu merangkaikannya dengan televisi.

"Setiap STB yang bersertifikasi, sudah pasti bisa menangkap siaran TV digital yang dapat dinikmati dengan gambar lebih jernih dan beresolusi tinggi. Bedanya pada kualitas gambar yang ditawarkan serta beberapa fitur tambahan untuk kemudahan pengoperasian," ujarnya dalam keterangan yang diterima detikINET.

Dia mencontohkan STB Evercoss yang mengusung fitur advance. Perangkat ini dapat merekam siaran TV yang sedang tayang dengan perangkat External (flashdisk). Selain itu, alat ini juga dapat terkoneksi menggunakan USB, HDMI, WIFI yang dioperasikan melalui remote control sehingga menghasilkan tayangan dalam format Full HD 1080p.

"Ini dapat terhubung ke semua tipe TV, baik tipe Smart TV maupun TV LED biasa. Bahkan perangkat ini juga dapat terhubung dengan TV tabung. Cukup dengan menghubungkan kit converter dari HDM to VGA, masyarakat sudah dapat menikmati siaran digital di perangkat TV lawas," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengungkapkan suntik mati TV analog dan beralih ke TV digital akan mendorong layanan internet dan ekonomi digital Indonesia.
Proses migrasi TV analog ke digital atau Analog Switch Off (ASO) akan mulai dilakukan 30 April dan ditargetkan berakhir pada 2 November 2022.

"Manfaat yang akan kita dapatkan dari migrasi TV analog ke TV digital itu terkait dengan internet dan kegiatan perekonomian semakin terpadu," ujar Staf Menkominfo Bidang Komunikasi Politik, Phillip Gobang dalam keterangan tertulisnya, Senin (7/3/2022).

(asj/asj)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT