Kring! Pak Pos Mulai Kirim Set Top Box Gratis TV Digital

Kring! Pak Pos Mulai Kirim Set Top Box Gratis TV Digital

Agus Tri Haryanto - detikInet
Jumat, 11 Mar 2022 22:35 WIB
Ilustrasi STB TV Digital, Set Top Box ini sebagai dibutuhkan sebagai alat untuk mengalihkan tv analog ke digital. STB juga akan diberikan gratis oleh pemerintah untuk masyarakat miskin.
Set Top Box TV Digital (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

PT Pos Indonesia bekerjasama PT Nusantara Media Mandiri mulai melakukan pengiriman perdana set top box gratis TV digital untuk Analog Switch Off (ASO) Tahap 1.

Bantuan untuk kelompok rumah tangga miskin itu dibagikan di Provinsi bali dan Lampung. Sebanyak, 3.000 unit set top box gratis disalurkan di kedua provinsi tersebut.

"Pos Indonesia siap mendukung pendistribusian Set Top Box (STB) dalam program Analog Switch Off 1 (ASO-1) sebanyak 3.000 unit dengan sebaran Provinsi Bali 2.204 unit dan Provinsi Lampung 796 unit," ujar Direktur Utama PT Pos Indonesia, Faizal Rochmad Djoemadi dalam siaran persnya, Jumat (11/3/2022).

Sementara itu, Direktur Utama NTV Randy Monthonaro Tampubolon menyebutkan harapannya untuk Pos Indonesia mampu mendukung penyaluran set top box gratis TV digital bagi Nusantara TV untuk wilayah Provinsi Bali dan Provinsi Lampung.

"Selain itu, bisa ke depan bisa dikembangkan kerja sama strategis dan kerja sama bisnis bidang digital marketing, kurir dan logistik dengan group NT Corp. Masing-masing bisa memanfaatkan kapasitas masing-masing dengan saling menguntungkan," imbuhnya.

Adapun mengenai lingkup kerja dari pendistribusian STB NTV ini meliputi verifikasi data penerima, verifikasi kepemilikan TV analog, penyerahan STB dan instalasi STB.

Set top box gratis TV digital kepada rumah tangga miskin merupakan program dari pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan pihak Nusantara TV memberikan bantuan STB gratis untuk wilayah Bali dan Lampung.

Sementara itu, Pos Indonesia dipercaya sebagai pihak yang akan mendistribusikan bantuan STB gratis kepada rumah tangga miskin.

PT Post Indonesia bekerjasama PT Nusantara Media Mandiri mulai melakukan pengiriman perdana set top box gratis TV digital untuk Analog Switch Off (ASO) Tahap 1 di Provinsi Bali dan Lampung.PT Post Indonesia bekerjasama PT Nusantara Media Mandiri mulai melakukan pengiriman perdana set top box gratis TV digital untuk Analog Switch Off (ASO) Tahap 1 di Provinsi Bali dan Lampung. Foto: Pos Indonesia

Set Top Box (STB) atau dekoder adalah perangkat yang berfungsi untuk mengubah sinyal yang diterima dari satelit, kabel, ataupun internet ke dalam format analog agar siaran TV digital dapat ditampilkan ke layar TV analog.

Pemerintah dan penyelenggara multipleksing (mux) menyiapkan sebanyak 6,7 juta perangkat STB yang akan didistribusikan kepada kelompok rumah tangga miskin di seluruh Indonesia.

Set top box gratis TV digital tersebut dibagikan dalam tiga tahap, sesuai dengan implementasi migrasi TV analog ke digital.


Berikut tahap penghentian siaran TV analog ke siaran TV digital di seluruh wilayah Indonesia:

Tahap 1
30 April 2022 di 56 Wilayah mencakup 166 Kabupaten/Kota

Tahap 2
25 Agustus 2022 di 31 Wilayah mencakup 110 Kabupaten/Kota

Tahap 3
2 November 2022 di 25 Wilayah mencakup 63 Kabupaten/Kota



Simak Video "Ini Cara Mendapatkan Set Top Box TV Digital Gratis"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)