RI Gaet Negaranya Cristiano Ronaldo Atasi Kesenjangan Digital

RI Gaet Negaranya Cristiano Ronaldo Atasi Kesenjangan Digital

Agus Tri Haryanto - detikInet
Jumat, 05 Nov 2021 15:38 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate
Atasi Kesenjangan Digital, RI Gaet Negaranya Cristiano Ronaldo. Foto: Dok. Kominfo
Jakarta -

Pemerintah Indonesia meneruskan kerja sama bidang teknologi informasi dan komunikasi, serta digital dengan Portugal, negara asal pesepakbola Cristiano Ronaldo.

Kerja sama kedua negara ini untuk mendukung dan bisnis antarnegara, serta mendukung upaya menjembatani kesenjangan digital.

Pembahasan tersebut diungkapkan usai melakukan pertemuan antara Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate dan Dubes Portugal untuk Indonesia HE Maria João Falcão Poppe Lopes Cardoso di Rumah Dinas Widya Chandra, Jakarta.

"Kami mendiskusikan banyak hal dalam hubungan Indonesia dengan Portugal. Khususnya, di bidang teknologi informasi dan digital," jelas Menkominfo dalam keterangan tertulisnya, Jumat (5/11/2021).

Johnny mengungkapkan bahwa saat Indonesia tengah gencar membangun infrastruktur secara besar-besaran untuk mengatasi kesenjangan digital. Indonesia dan Portugal memiliki payung kerja sama yang ditandatangani tahun 2012. Diharapkan kerja sama yang telah berlangsung bisa berkembang lagi.

"Menyambungkan yang belum terhubung, to bridge the digital divide. Kita harapkan Indonesia dan Portugal bisa meneruskan kerja sama yang sudah pernah terjalin sebelumnya," harapnya.

"Dan sudah menjadi Peraturan Presiden pada tahun 2014. Kita meneruskan itu, mudah-mudahan kerjasama Indonesia dan Portugal di bidang ICT bisa terus kita kembangkan," sambungnya.

Dalam pertemuan itu pula, Johnny membahas mengenai tata kelola data pribadi. Menurutnya, Portugal sebagai bagian dari Uni Eropa telah menerapkan General Data Protection Regulation.

"Kita sedang menyusun Indonesian General Data Protection Regulation yang benchmark-nya juga dari GDPR EU. Jadi, kita bisa berdiskusi banyak hal terkait dengan flow data antara Indonesia dan Portugal dan network Portugal," ungkapnya.

Selain itu, Menkominfo dan Maria Cordoso membahas mengenai arus data lintas negara dan talenta digital. Di Portugal juga terdapat talenta digital.

Halaman berikutnya terkait Pusat Data dan Talenta Digital >>>