Apple Bayar Ganti Rugi di Chile karena iPhone Jadi Lemot

Apple Bayar Ganti Rugi di Chile karena iPhone Jadi Lemot

Josina - detikInet
Jumat, 09 Apr 2021 11:40 WIB
FILE PHOTO: A man looks at Apples new iPhone 8 (L) and his iPhone 7 at the Apple Store in Tokyos Omotesando shopping district, Japan, September 22, 2017. REUTERS/Issei Kato/File Photo
Foto: Issei Kato/Reuters
Jakarta -

Apple telah setuju untuk membayar ganti rugi senilai USD 3,4 juta atau sekitar Rp 49,5 miliar (USD 1 = Rp 14.560) kepada konsumen di Chile atas dugaan terkait iPhone lawas mereka yang mulai melambat performanya

Apple dituduh telah sengaja membuat produk mereka khususnya iPhone untuk umur yang terbatas sehingga memaksa pengguna untuk mengganti ponsel mereka dengan yang terbaru. Sebelumnya Apple juga kalah dalam kasus serupa di Amerika Serikat dan Eropa.

Dilansir detikINET dari Tech Xplore, Jumat (9/4/2021) di Chile ada sekitar 150 ribu pengguna iPhone 6, 6 Plus, 7, 7 Plus dan SE yang menuntut Apple atas klaim smartphone mereka sudah mulai menurun performanya setelah melakukan pembaruan perangkat lunak pada 21 Desember 2017.

Setiap konsumen berhak mendapatkan kompensasi maksimal USD 50 atau sekitar Rp 728 ribu yang akan dibagi jika ada lebih dari satu klaim per nomor seri, misalnya dalam kasus ponsel bekas.

Pada Desember 2017 lalu, Apple mengakui perangkat lunak iOS sengaja dibuat untuk memperlambat kinerja iPhone versi lama karena baterai ponsel itu melemah. Protes dari para pengguna pun iPhone memaksa Apple untuk memperbaharui perangkat lunak mereka dan memberikan diskon untuk penggantian baterai.

Pada Maret 2020, Apple setuju untuk memberi ganti rugi sebesar USD 500 juta terhadap gugatan class-action yang melambat bagi pengguna iPhone di AS, disusul pada November sebesar USD 113 juta terhadap gugatan di 30 negara bagian dalam kasus yang sama.

Apple juga harus membayar ganti rugi sebesar 25 ribu Euro karena tidak memberi tahu pengguna iPhone bahwa pembaruan perangkat lunak akan membuat ponsel edisi lama melambat kinerjanya.

Italia juga telah memberikan sanksi denda kepada Apple dan Samsung masing-masing sebesar 10 dan 5 juta Euro karena dengan sengaja menurunkan performa smartphone seri lama.



Simak Video "Apple Dikabarkan Sedang Buat iPhone Layar Lipat"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)