Bos Apple Ungkap Rencana Mobil Pintar dan Augmented Reality

Bos Apple Ungkap Rencana Mobil Pintar dan Augmented Reality

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 06 Apr 2021 14:21 WIB
Tim Cook
CEO Apple Tim Cook. Foto: Reuters
Jakarta -

CEO Apple Tim Cook membeberkan rencana besar mereka dalam beberapa teknologi baru, seperti augmented reality (AR) dan mobil pintar.

Hal itu diungkap Cook dalam sebuah wawancara dengan New York Times. Menurutnya, AR sangat penting bagi masa depan Apple, dan bisa dipakai untuk meningkatkan pengalaman orang dalam bercakap-cakap.

"Anda dan saya sedang bercakap-cakap dengan baik saat ini. Namun ke depannya bisa lebih baik jika kita bisa memperkaya diskusi ini dengan grafik ataupun hal lain yang bisa ditampilkan," ujar Cook dalam wawancara seperti dilihat, Selasa (6/4/2021).

Tim Cook berimajinasi menggunakan AR di sektor kesehatan, edukasi, ritel, dan game. Ia pun menjanjikan kalau AR akan lebih hebat lagi di masa depan.

Rumor Apple menggarap headset AR sudah berhembus sejak beberapa tahun lalu. Rumor terakhir menyebutkan kalau perangkat mixed reality device bisa diluncurkan pada 2022 mendatang.

Fitur AR sendiri sudah tersedia di iPhone dan iPad, namun penggunaannya masih terbatas. Seperti pada penggunaan filter di Snapchat, dan belum digunakan secara luas.

Cook juga sedikit mengungkap rencana mereka untuk rumor lain, yaitu mobil pintar. Pernyataan Cook menyiratkan kalau mobil pintar itu nantinya bakal digarap sendiri oleh Apple, bukan digarap dengan bekerja sama dengan perusahaan lain.

"Kami sangat suka mengintegrasikan hardware, software, dan layanan, dan menemukan titik temu di situ karena kami merasa di situlah muncul kehebatannya," tambahnya.

Autonomi sendiri disebut Tim Cook sebagai teknologi inti, dan ada banyak hal yang berhubungan di robot bisa dilakukan di sana. Namun Cook juga menyebut kalau tak semua proyek mereka nantinya akan diproduksi massal.

"Kami menjajal sangat banyak hal secara internal. Banyak di antaranya tak akan benar-benar dibuat," jelas Cook.



Simak Video "CEO Apple Apresiasi Wisudawan 'Apple Developer Academy' Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)