Ratusan GPU untuk Tambang Bitcoin Diselundupkan ke China

Ratusan GPU untuk Tambang Bitcoin Diselundupkan ke China

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Rabu, 07 Apr 2021 11:46 WIB
GPU CMP Nvidia Disita
GPU Nvidia CMP yang disita. Foto: Techspot
Jakarta -

Bea cukai pemerintah Hong Kong menyita 300 GPU buatan Nvidia yang akan diselundupkan ke China menggunakan sebuah perahu nelayan.

GPU yang disita tersebut tak mempunyai port output video, yang berarti GPU tersebut masuk dalam kategori CMP atau cryptocurrency mining processor, alias GPU yang ditujukan untuk keperluan menambang mata uang kripto alias bitcoin.

Kemungkinan, GPU CMP yang disita itu adalah varian CMP 30HX. Sebabnya sejauh ini baru ada dua varian CMP yang dirilis, yaitu CMP 30HX dan 40HX. Namun baru varian 30HX yang sudah dijual ke pasaran, demikian dikutip detikINET dari Techspot, Rabu (7/4/2021).

Para penyelundup ini mulai diawasi karena aktivitasnya yang mencurigakan, yaitu memasukkan barang ke kapal nelayan. Saat digerebek, komplotan penyelundup ini berhasil kabur ke perairan China menggunakan kapal berkecepatan tinggi.

Meski begitu, barang yang akan diselundupkan itu berhasil disita. Selain GPU CMP, bea cukai Hong Kong juga menyita bermacam makanan eksotis, gadget, dan ponsel. Barang-barang teknologi yang disita tersebut nilainya sekitar USD 257 ribu atau sekitar Rp 3,7 miliar.

Tak aneh memang jika GPU untuk menambang mata uang kripto ini diselundupkan. Harga GPU tersebut saat ini menjulang karena permintaan yang tinggi dan stok terbatas, ditambah popularitas mata uang kripto yang terus naik, kemungkinan harga komponen itu juga akan terus meningkat.

Nvidia merilis GPU CMP beberapa waktu lalu sebagai solusi mereka untuk mengatasi kelangkaan GPU untuk gaming. Pasalnya selama ini GPU gaming menjadi langka karena stoknya diborong para penambang mata uang kripto.

Untuk itulah kemudian Nvidia merilis pembaruan yang membuat GPU mereka tak lagi optimal untuk menambang. Sebagai gantinya mereka merilis GPU CMP, yang dikhususkan untuk penambang mata uang kripto.



Simak Video "MUI Sebut Kripto Bisa Jadi Halal,Bos IDM: Itu Kabar Baik"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)