MacBook Air M1 Bisa Dipakai Nambang Ethereum, Sehari Dapat Berapa?

MacBook Air M1 Bisa Dipakai Nambang Ethereum, Sehari Dapat Berapa?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Senin, 01 Mar 2021 10:45 WIB
Apple M1
Foto: Dok. Apple
Jakarta -

Seorang developer software menemukan cara untuk menambah aset kripto Ethereum menggunakan MacBook Air dengan chip Apple M1. Sehari bisa dapat berapa?

Yifan Gu, nama developer tersebut, menemukan cara untuk 'menjebol' sistem keamanan di M1 dan memakai laptop tersebut untuk menambang Ethereum. Ia pun kemudian membagikan caranya itu lewat GitHub.

Menurut Yifan, efisiensi menambang Ethereum lewat M1 hanya cocok digunakan untuk pemula, atau orang yang baru mulai menambang aset kripto. Kecepatan penambangan hanya 2MH/s dan konsumsi dayanya sekitar 17-20 watt.

Pemasukan harian dari menambang memakai M1 ini sekitar USD 0,14, demikian dikutip detikINET dari Gizchina, Senin (1/3/2021).

Jumlah ini disebut sangat jauh tertinggal dibanding penambangan menggunakan chip Cryptocurrency Mining Processor (CMP) milik Nvidia. Namun dari sini bisa terlihat arah baru untuk penambangan aset kripto, yaitu menggunakan chip ARM.

Chip CMP tersebut adalah jawaban Nvidia agar para penambang tak memborong GPU GeForce mereka untuk menambang, yang membuat GPU tersebut menjadi langka. Adalah para gamer yang mengeluhkan hal ini karena mereka tak bisa membeli GPU Nvidia, atau kalaupun bisa, harganya sangat jauh di atas harga resmi.

Langkah yang dilakukan Yifan ini mungkin adalah salah satu cara para penambang untuk mencari alternatif agar tetap bisa menambang aset kripto. Pasalnya selama beberapa waktu belakangan, ketersediaan chip semikonduktor secara global mengalami kelangkaan.

Termasuk ketersediaan chip GPU yang menjadi tulang punggung untuk menambang aset kripto seperti Ethereum. Alhasil para penambang pun mencari alternatif agar tetap bisa menambang, salah satunya menggunakan chip M1, meski hasilnya memang tak terlalu menarik.

Sebelum ini ada juga developer bernama XMRig yang menggunakan chip M1 untuk menambang aset kripto Monero, yaitu pada Desember 2020 lalu.

Simak juga video 'Pesona MacBook Air dan Pro yang Diklaim Makin Ngebut':

[Gambas:Video 20detik]



(asj/asj)