Tergoda TikTok Cash, Ada yang Rugi Rp 29 Juta

Tergoda TikTok Cash, Ada yang Rugi Rp 29 Juta

Tim - detikInet
Kamis, 18 Feb 2021 13:02 WIB
TikTok Cash
Foto: tiktokecash.com
Jakarta -

Situs TikTok Cash menawarkan duit untuk pengguna yang menonton video TikTok, sebelum akhirnya diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) atas permintaan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Cukup banyak warga yang menjadi korban website tersebut dengan nilai kerugian bermacam-macam jumlahnya.

Publik sebelumnya mempertanyakan soal operasional TikTok Cash. Situs ini menawarkan uang kepada pengguna yang menonton video TikTok. Sebelum mendapatkan uang, pengguna internet harus mendaftar ke situs tersebut antara lain dengan menyertakan nomor ponsel dan alamat email.

TikTok Cash menawarkan paket keanggotaan mulai dari Rp 89.000 sampai Rp 15,999 juta. Adapun pihak TikTok Indonesia, secara resmi menegaskan situs tersebut tidak berafiliasi dengan platform TikTok.

"Saya berasal dari Makassar dan saya merupakan korban penipuan 'Money Game' dari aplikasi Tik Tok Cash. Jujur saya sudah mengalami kerugian Rp 29.443.027 dan uang itu sangat berarti buat saya," sebut seorang korban TikTok Cash, Has**** dari Makassar dalam email keluhannya pada detikcom, Kamis (18/2/2021).

Ia berharap dilakukan pemblokiran rekening dari TikTok Cash sehingga uang yang disetorkan tidak disalahgunakan. Ada lagi korban TikTok Cash bernama Fou** dari Bekasi yang melaporkan kerugian sampai Rp 25 juta.

"Saya sudah mengalami kerugian kurang lebih sebesar Rp 25.000.000," sebutnya dalam tulisan di email.

Korban berikutnya yang juga berasal dari Bekasi harus merelakan uang jutaan. "Saya melihat saudara update pendapatan dia main TikTok Cash. Akhirnya saya penasaran dan join, karena butuh tambahan uang karena suami sudah setahun tidak kerja dampak corona, akhirnya saya memberanikan diri join dan ke level lebih tinggi dengan biaya Rp 5.000.000," kisahnya.

Halaman selanjutnya: dari untung jadi buntung...