Penyaluran Bantuan Kuota Internet Gratis Pemerintah Mesti Diawasi

Penyaluran Bantuan Kuota Internet Gratis Pemerintah Mesti Diawasi

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 21 Sep 2020 19:55 WIB
Kemendikbud memberikan bantuan kuota internet gratis kepada para siswa, guru, mahasiswa, dan dosen. Salah satunya diberikan melalui kartu perdana gratis.
(Foto: Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengajak masyarakat untuk turut mengawasi penyaluran bantuan kuota internet gratis guna memenuhi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama pandemi COVID-19.

Seperti diketahui, terhitung mulai besok, Selasa (22/9/2020) Kemendikbud mulai menyalurkan bantuan kuota internet gratis ini kepada siswa, guru, mahasiswa, dosen, begitu juga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

"Kami mengajak masyarakat untuk bersama-sama melakukan pengawasan memantau pelaksanaan pengadaan bantuan kuota data internet. Apabila terdapat indikasi penyimpangan, masyarakat dapat melaporkannya kepada Kemendikbud," ujar Sekretaris Jenderal Kemendikbud Ainun Na'im dalam keterangan tertulisnya, Senin (21/9/2020).

Kemendikbud juga menerbitkan petunjuk teknis (juknis) sebagai pedoman dalam penyaluran bantuan kuota internet gratis pemerintah bagi PAUD, siswa, guru, mahasiswa, dan dosen.

Dalam juknis tersebut diungkapkan bentuk bantuan yang diberikan Kemendikbud berupa kuota internet dengan rincian yang dibagi atas kuota umum dan kuota belajar. Adapun, kuota umum ini untuk kebutuhan mengakses seluruh laman dan aplikasi, sedangkan kuota belajar adalah kuota yang dapat digunakan untuk mengakses laman dan aplikasi pembelajaran.

Besar kuota internet gratis untuk PAUD sebesar 20 GB per bulan, di mana bila dirinci 5 GB untuk kuota umum dan kuota belajar 15 GB. Untuk pelajar dari jenjang pendidikan dasar dan menengah mendapatkan kuota internet gratis 35 GB per bulan dengan rincian 5 GB untuk kuota umum dan kuota belajar 30 GB.

Sementara untuk kuota internet gratis bagi pendidik PAUD dan jenjang pendidikan dasar dan menengah akan memperoleh 42 GB per bulannya. Secara detail, 5 GB kuota umum dan 37 GB kuota belajar.

Sedangkan, kuota internet gratis mahasiswa dan dosen sama-sama mendapatkan 50 GB per bulan yang mana rinciannya 5 GB untuk umum dan 45 GB kuota belajar.



Simak Video "Serikat Guru Nilai Subsidi Kuota Internet Berpotensi Buang Anggaran"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)