Hore! Kuota Internet Gratis Pemerintah Juga Diterima PAUD

Hore! Kuota Internet Gratis Pemerintah Juga Diterima PAUD

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 21 Sep 2020 18:31 WIB
Corporate Secretary PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Ari Kurniaman (kiri) bersama Kepala Bagian Umum Sekertaris Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan Yuni Wibawa melukis tembok Paud Kuncup Kencana di Jakarta, Jumat (14/8). Dalam rangka mendukung inklusi keuangan, Bank BTN melakukan berbagai kegiatan untuk pelaksanaan dan pengenalan menabung sejak dini di Paud tersebut. Selain itu, Bank BTN juga merenovasi Paud Kuncup Kencana untuk membuat proses belajar mengajar kian menyenangkan.
Ilustrasi PAUD (dok. Bank BTN)
Jakarta -

Pemerintah tidak hanya menyalurkan subsidi kuota internet gratis kepada pelajar, guru, mahasiswa, dan dosen saja untuk menunjang kebutuhan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) juga turut kebagian.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengungkapkan kuota internet gratis untuk peserta didik PAUD sebesar 20 GB per bulan, di mana bila dirinci 5 GB untuk kuota umum dan kuota belajar 15 GB.

Untuk pelajar dari jenjang pendidikan dasar dan menengah mendapatkan kuota internet gratis 35 GB per bulan dengan rincian 5 GB untuk kuota umum dan kuota belajar 30 GB.

Sementara untuk kuota internet gratis bagi pendidik PAUD dan jenjang pendidikan dasar dan menengah akan memperoleh 42 GB per bulannya. Secara detail, 5 GB kuota umum dan 37 GB kuota belajar.

Sedangkan, kuota internet gratis mahasiswa dan dosen sama-sama mendapatkan 50 GB per bulan yang mana rinciannya 5 GB untuk umum dan 45 GB kuota belajar.

Dalam pernyataan tertulis Kemendikbud, kuota interner gratis dari pemerintah ini akan disalurkan dimulai besok, Selasa (22/9/2020) selama empat bulan berikutnya.

Kuota internet pada bulan pertama dan kedua berlaku 30 hari sejak diterima oleh pemilik HP. Sedangkan, kuota bulan ketiga dan keempat berlaku selama 75 hari secara bersamaan mulai November 2020.

Berikut Jadwal dan Tahapan Penyaluran Kuota Internet dari Kemendikbud:

A. Bantuan kuota data internet untuk bulan pertama:
1. Tahap I pada tanggal 22 sampai 24 September 2020.
2. Tahap II pada tanggal 28 sampai 30 September 2020.

B. Bantuan kuota data internet untuk bulan kedua:
1. Tahap I pada tanggal 22 sampai 24 Oktober 2020.
2. Tahap II pada tanggal 28 sampai 30 Oktober 2020.

C. Bantuan kuota data internet untuk bulan ketiga dan keempat dikirim bersamaan:
1. Tahap I pada tanggal 22 sampai 24 November 2020.
2. Tahap II pada tanggal 28 sampai 30 November 2020.



Simak Video "Keluh Kesah Kepsek dan Wali Murid soal Susahnya Kuota untuk PBJJ"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)