Sempat Salah Sebut, Menkominfo Jelaskan Aplikasi PeduliLindungi

Sempat Salah Sebut, Menkominfo Jelaskan Aplikasi PeduliLindungi

Agus Tri Haryanto - detikInet
Jumat, 27 Mar 2020 21:33 WIB
Menkominfo Johnny G Plate
Menkominfo Johnny G. Plate. (Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET)
Jakarta -

Menkominfo Johnny G. Plate menjelaskan bahwa aplikasi pelacak riwayat pasien positif virus corona yang diandalkan pemerintah bernama PeduliLindungi. Sebelumnya, ia sempat mengatakan bahwa aplikasi tersebut adalah TraceTogether.

Adapun sampai saat ini aplikasi PeduliLindungi masih dalam tahap pengembangan yang dilakukan oleh Kementerian Kominfo dan Kementerian BUMN. PeduliLindungi punya kemampuan untuk tracing, tracking, dan fencing untuk menanggulangi dan mencegah pandemi COVID-19.

"Aplikasi tersebut akan membantu masyarakat untuk saling menjaga dan melindungi agar penularan COVID-19 bisa dihentikan," ujar Menkominfo dalam keterangan tertulisnya, Jumat (27/3/2020).

Johnny mengatakan bahwa PeduliLindungi merupakan hasil karya anak negeri, di mana aplikasi tersebut didedikasikan untuk negara dalam menghadapi darurat dan keadaan luar biasa nasional dan global.

Politikus dari Partai NasDem ini juga mengungkapkan PeduliLindungi dirancang untuk melindungi, tidak hanya pasien positif, Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP), dan suspect, tapi seluruh masyarakat melalui smartphone.