Senin, 02 Des 2019 21:40 WIB

Curhat Bos Huawei Setahun Ditahan di Rumah Mewah

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rumah Meng Wanzhou di Kanada. Foto: Reuters Rumah Meng Wanzhou di Kanada. Foto: Reuters
Vancouver - Meng Wanzhou memang ditangkap, tapi ia bukanlah napi biasa. Chief Financial Officer Huawei yang genap setahun ditangkap otoritas Kanada atas permintaan Amerika Serikat itu, berstatus tahanan rumah, namun tempat tinggalnya super mewah.

Selama 12 bulan ini, Meng bermukim di rumahnya senilai USD 13 juta di Kota Vancouver. Ia diawasi ketat dan harus memakai perangkat pelacak. Akan tetapi meski hanya bisa berdiam di rumah atau ke pengadilan saat kasusnya dibahas, Meng masih punya banyak kebebasan.

Ia dikunjungi secara rutin oleh anggota keluarganya, karyawan Huawei ataupun pengacaranya. Meng bisa menulis ataupun berkomunikasi dengan bebas.

Tetap saja menjadi tersangka dan ditahan setahun membuatnya sempat cemas, kecewa dan juga merasa tak berdaya. Hal itu ia tulis dalam sebuah postingan di WeChat baru-baru ini, di mana Meng menuliskan pengalamannya.

Untuk menghabiskan waktu, Meng membaca buku atau melukis. "Saya dulu tak pernah memiliki kemewahan menghabiskan waktu dan menikmati sekeliling," tulis Meng, dikutip detikINET dari BBC.

"Saya memiliki cukup waktu untuk membaca banyak buku. Saya bisa berdiskusi dengan kolega atau menyelesaikan lukisan minyak dengan hati-hati," lanjut dia.

Selanjutnya
Halaman
1 2