Kamis, 21 Nov 2019 14:23 WIB

Peringatan Dini Bencana Alam Bakal Disebar Lewat SMS dan TV

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Istimewa/Dok. Wikipedia/United States Navy. Foto: Istimewa/Dok. Wikipedia/United States Navy.
Jakarta - Masyarakat yang bakal terdampak bencana alam nantinya akan mendapatkan SMS sebagai bentuk peringatan dini.

Tak hanya layanan SMS saja yang bentuknya personal. Peringatan dini ini juga disebarkan pemerintah lewat saluran televisi dan radio. Semua itu terjadi setelah Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mendapatkan bantuan hibah dari Pemerintah Jepang.



Direktur Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika (Dirjen PPI) Kementerian Kominfo Ahmad M Ramli menuturkan, alat yang diterima berupa Sistem diseminasi kebencanaan yang terdiri dari infrastruktur Perangkat, aplikasi software yang akan terhubung dengan sumber informasi bencana dan penyiapan SDM.

"Nanti bentuknya bisa SMS dan juga informasi via TV dan radio," ujar Ramli kepada detikINET.

Saat ini bantuan tersebut dalam tahap implementasi dan pemenuhan proses administrasi. Mengingat hibah tidak diberikan dalam bentuk uang tetapi sarana dan prasarana infrastruktur yang bisa langsung digunakan nantinya.



"Saat ini masih dalam proses implementasi dan pihak Jepang juga dalam proses pemilihan pelaksananya di Jepang. Kami masih terus berdiskusi terkait hal-hal teknis yang diperlukan sesuai kondisi Indonesia," tutur Ramli.

"Deadline implementasinya masih dibahas pada awal Desember dengan pihak Jepang," pungkas dia.

Simak Video "Megawati Minta Sekolah Aktif Ajarkan Penanganan Bencana"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)