Jumat, 16 Agu 2019 21:17 WIB

Apple Dituntut Lagi, Kali Ini karena Kamera Ganda

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Martin Hajek Foto: Martin Hajek
Jakarta - Apple kembali harus menghadapi gugatan pelanggaran paten. Kali ini dari perusahaan teknologi kamera bernama Corephotonics.

Perusahaan berbasis di Isrel itu telah mengajukan gugatan terhadap Apple, dengan mengklaim bahwa teknologi dual kamera di iPhone saat ini melanggar beberapa paten mereka.




Kedua belah pihak sejatinya telah saling berhubungan di masa lalu. Bahkan mereka sempat bersepakat bekerja sama. Langkah tersebut dimulai 2012, Corephotonics membahas rincian modul kamera ganda dengan tim teknis Apple. Perusahaan bahkan memberi Apple akses ke lensa telefoto lima komponen kala itu.

Kemudian pada 2014, Apple mendapat akses ke tabel dan lensa uji, termasuk simulator aplikasi dan prototipe sistem model sistem. Tetapi kemudian kedua belah pihak tidak bekerja sama lagi hingga muncul gugatan.

Corephotonics merasa apa yang telah mereka berikan ke Apple sangat penting untuk mengembangkan modul kamera yang ada di iPhone saat ini. Tanpa adanya kesepakatan, Apple merilis ponsel berkamera ganda pertamanya iPhone 7 Plus pada 2016.

Apple Dituntut Lagi, Kali Ini Karena Kamera GandaFoto: istimewa/ifixit


Padahal pejabat mereka telah berusaha mengontak Apple untuk mengulang negosiasi sebulan jelang iPhone 7 Plus dirilis, tapi menemui jalan buntu.

Setelah memeriksa modul kamera iPhone 7 Plus dan iPhone 8 Plus, Corephotonics akhirnya melayangkan gugatan pada November 2017. Mereka menyebut teknologi zoom di kedua ponsel ini menggunakan patennya.

Tidak sampai di situ, gugatan kedua kembali diajukan pada April 2018 setelah peluncuran iPhone X. Klaimnya masih sama. Demikian gugatan terbaru yang menargetkan pada iPhone XS dan XS Max.



Untuk diketahui nama Corephotonics mungkin terasa asing di telinga. Tapi perusahaan ini yang berada di balik teknologi Oppo 10x Zoom. Perusahaan ini juga dikabarkan telah diakuisisi Samsung senilai USD 150 juta walaupun keduanya tidak memberikan pernyataan resmi terkait hal tersebut.




Simak Video "Catat! Ini Tanggal Resmi iPhone 11 Masuk Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/krs)