Wow! Jumlah Pemain Game di Dunia 11 Kali Penduduk Indonesia

ADVERTISEMENT

Wow! Jumlah Pemain Game di Dunia 11 Kali Penduduk Indonesia

Panji Saputro - detikInet
Jumat, 28 Okt 2022 22:37 WIB
Game Telkomsel
Tahu nggak berapa orang yang main game di dunia? (Foto: Panji Saputro/detikinet)
Jakarta -

Bermain game memang menjadi salah satu kegiatan yang sangat digandrungi orang-orang di berbagai negara. Mencengangkannya, jumlah pemain game di dunia mencapai 11 kali penduduk Indonesia.

Vice President Corporate Communications Telkomsel, Saki Hamsat Bramono, membeberkan angka yang sangat fantastis. Dirinya menyebutkan, bahwa jumlahnya sendiri hingga miliaran orang di penjuru dunia.

"Di dunia itu sekitar 3 miliar orang yang bermain game, atau 40% dari populasi yang ada di dunia. Asia itu kontribusinya sekitar 50% dari 3 miliar, itu 1,5 miliar orang bermain game di Asia," ungkap Saki, dalam sesi talk show di konferensi DG Con 2022, di Basket Hall Senayan, Jakarta, Jumat (28/10/2022).

Menurut data Kemendagri, jumlah penduduk Indonesia per Oktober tahun 2022 adalah 275 juta jiwa. Artinya, jumlah pemain game di dunia mencapai 11 kali lipat jumlah penduduk Indonesia. Bukan main!

Tak sampai di situ, Saki menambahkan, kalau mengacu pada data terakhir yang dirilis oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terkait road map jumlah pemain game di Indonesia, ternyata ada sekitar 170 juta orang. Lanjut, ia mengungkapkan, untuk pemain esports di Tanah Air ada sekitar 52 Juta orang.

"Ini kita lihat sebagai peluang yang besar bagi Telkomsel dan juga Indonesia, bagaimana kita bisa membangun industri ini menjadi lebih bagus, dan menjadi pemain di negara kita sendiri," tutur Saki.

Oleh sebab itu, Saki meneruskan, di mana Telkomsel sendiri telah membangun platform bernama Dunia Games yang sudah berdiri sejak 2017. Aksi nyata lainnya, mereka menyelenggarakan festival game dan esports, bertajuk DG Con 2022 yang dihelat bertepatan dengan Sumpah Pemuda.

"Hari ini kita bikin ini, sebagai bentuk perhatian kita terhadap anak-anak muda, khususnya mereka yang game antusias ini, untuk kemudian untuk berkontribusi positif terhadap perkembangan di Indonesia," tegas Vice President Digital Lifestyle Telkomsel, Nirwan Lesmana.

Acara ini digelar selama tiga hari, sejak tanggal 28-30 Oktober 2022. Telkomsel pun telah menyediakan beragam kegiatan, beberapa di antaranya ada seperti seminar interaktif (DG Fest), malam penghargaan (DG Awards), turnamen game Free Fire (DG League).



Simak Video "Penggabungan Telkomsel-IndiHome Bakal Diumumkan di Awal 2023"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT