Festival Game & Esports DG Con 2022 Digelar, Usung Metaverse

Festival Game & Esports DG Con 2022 Digelar, Usung Metaverse

ADVERTISEMENT

Festival Game & Esports DG Con 2022 Digelar, Usung Metaverse

Panji Saputro - detikInet
Jumat, 28 Okt 2022 15:08 WIB
Festival Game & Esports DG Con 2022 Digelar, Usung Teknologi Metaverse
Festival Game & Esports DG Con 2022 Digelar, Usung Teknologi Metaverse (Foto: Panji Saputro/detikINET)
Jakarta -

Industri game kian gahar, beragam acara besar pun digelar. Senada dengan yang dilakukan Telkomsel, dengan menghelat festival game dan esports yang digadang-gadang menjadi salah satu terbesar di Indonesia.

Berlokasi di Basket Hall Senayan, Jakarta, perusahaan operator telekomunikasi seluler Indonesia ini, menggelar acara bertajuk DG Con 2022. Mereka menyatakan, bahwa melalui kegiatan ini, menjadi bentuk nyata Telkomsel dalam mendorong pengembangan industri game dan esports Tanah Air.

"Kegiatan ini merupakan gabungan dari kesuksesan dua kegiatan sebelumnya, yakni DG Fest dan DG Awards yang mana pengunjung tahun lalu mencapai 1,7 juta visitor di metaverse, serta turnamen tahunan Dunia Games League, dengan 10 juta penonton di tahun sebelumnya," ujar Nirwan Lesamana, Vice President Digital Lifestyle Telkomsel saat konferensi pers DG Con 2022, Jumat (28/10/2022).

Diketahui, bahwa DG Con 2022 digelar dengan konsep hybrid, di mana pengunjung juga bisa menikmatinya tidak hanya offline tetapi juga online melalui DG Verse. Platform ini dikatakan mengusung teknologi virtual world dengan 3D metaverse.

Para penggiat industri game dan esports, dapat menjajalnya langsung lewat situs DG Verse, yakni dgcon.duniagames.co.id. Di dalamnya, pengujung akan diminta untuk membuat avatar terlebih dahulu.

Setelah rampung menyesuaikan karakter yang ingin dipakai, pengunjung akan langsung dibawa menyelam lebih dalam ke dunia virtual DG Con 2022. Menariknya, avatar bisa digerakkan dan bebas menjelajahi setiap tempat yang disuguhkan Telkomsel di dalam metaverse ini.

Sebagai tambahan informasi, DG Con 2022 digelar selama tiga hari, mulai dari tanggal 28-30 Oktober 2022. DG Con 2022 berisi beragam kegiatan, seperti sesi seminar yang menampilkan lebih dari 50 narasumber dari para ahli, penggiat, profesional di game dan esports di Indonesia.

Selain itu, ada juga malam penghargaan DG Awards 2022 dengan banyak kategori, di antaranya Male & Female Esports Player of The Year, Esports Team of The Year, Game Publisher of The Year, Esports Coach of The Year, dan lain-lain. Tak luput dukungan nyata Telkomsel untuk ekosistem esports, di mana menyelenggarakan Dunia Games League (DGL) 2022, dengan total hadiah Rp 530 juta.



Simak Video "Penggabungan Telkomsel-IndiHome Bakal Diumumkan di Awal 2023"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT