Legenda NBA Shaquille O'Neal: Pro Player Esports Adalah Atlet

Legenda NBA Shaquille O'Neal: Pro Player Esports Adalah Atlet

Panji Saputro - detikInet
Senin, 30 Mei 2022 15:59 WIB
Shaquille ONeal smiles during the official dedication of the Shaq Courts at Doolittle, two renovated basketball courts at the Doolittle Complex, in Las Vegas, Saturday, Oct. 23, 2021. The Shaquille ONeal Foundation and partner Icy Hot donated $200,000 for the renovation. (Steve Marcus/Las Vegas Sun via AP)
Shaquille O'Neal Anggap Pro Player Esports Juga Seorang Atlet (Foto: AP/Steve Marcus)
Jakarta -

Bertentangan dengan beberapa pendapat orang lain, Shaquille O'Neal, legenda bola basket asal Amerika, memiliki penilaiannya sendiri terhadap pro player esports. Ia mengungkapkan bahwa mereka juga merupakan seorang atlet.

"Saya menganggap pemain pro esports adalah atlet. Saya ingin memuji kalian, dan saya bangga dengan kalian. Kata atlet sendiri berarti hal yang berbeda, tetapi sebagian besar bermuara pada pola pikir," jelas Shaq, dilansir detikINET dari Dotesports, Senin (30/5/2022).

Ia menggambarkan, bahwa menjadi seorang atlet tidak hanya tentang fisik semata. Tetapi juga mengenai, bagaimana para pemain memiliki mentalitas yang kuat dan tepat.

"15% dari permainan yakni mengandalkan fisik dan lainnya yaitu mental. Jika kalian mengatakan bahwa kalian adalah atlet, saya percaya itu. Karena saya tidak bisa melakukan apa yang kalian lakukan," tegas Shaq.

Menurutnya baik esports maupun olahraga tradisional, memiliki perkiraan usia karir yang panjang. Di mana dari kedua ekosistem ini, memiliki periode waktu yang terbatas dan mereka dapat bersaing.

"Kalian tidak benar-benar memiliki umur panjang, saya pikir itu tiga sampai lima atau lima sampai enam tahun. Kalian tahu, hal yang sama dengan NBA dan NFL, jadi ya, kalian adalah atlet," ujar Shaq.

Perlu diketahui, Shaq ialah salah tau bintang olahraga tradisional pertama, yang terlibat dengan ekosistem esports. Ia telah berinvestasi di NRG Esports pada tahun 2016 lalu.

Organisasi yang didirikan oleh Andy Miller, orang berkedudukan sebagai CEO ini, memiliki beberapa divisi game. Mulai dari Overwatch League, Call of Duty dan Rocket League

Termasuk ikut berpartisipasi dalam kompetisi ELEAGUE's Street Fighter 5 Invitational Celebrity Showdown pada tahun 2018. Kala itu dirinya bersama Jimmy Rollins dari Baseball dan Eva Marie dari WWE.



Simak Video "Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah IESF World Championship 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fyk)