Pecah Rekor Main Super Mario World 1990, Tamat Dalam 41 Detik

Pecah Rekor Main Super Mario World 1990, Tamat Dalam 41 Detik

Panji Saputro - detikInet
Senin, 14 Mar 2022 19:47 WIB
Gamer Ini Pecahkan Rekor Tercepat Menamatkan Super Mario World 1990
Gamer Ini Pecahkan Rekor Tercepat Menamatkan Super Mario World 1990 (Foto: Twitter: FURiOUS)
Jakarta -

Matheus Furtado, gamer kebangsaan Brasil ini, berhasil menyelesaikan permainan lawas, Super Mario World 1990, dengan sangat cepat. Tercatat waktu untuk menamatkannya hanya 41 detik.

"Penyelesaian tercepat dari Super Mario World (0 Exit), yakni 41,022 detik. Pemegang rekor yaitu @furious_," tulis Guinness World Records, seperti dikutip detikINET dari media sosial resmi, Senin (14/3/2022).

Ini menjadi rekor terbaru, yang berhasil dipecahkannya. Di mana waktu tercepat sebelumnya, bertengger di angka 41,350 detik, dibuat oleh SethBling, pemain asal Amerika Serikat (AS) pada tanggal 29 April 2020.

Pria yang lebih dikenal dengan nama FURiOUS ini, diketahui juga mengalahkan waktu tercepatnya sendiri, yakni 1 menit 30 detik, pada 30 Januari 2017. Dengan torehan 49 detik lebih cepat.

Kendati begitu, sebagai seorang Speedrun, cara yang dilakukannya tidak seperti gamer biasa pada umumnya. Karena ia memanfaatkan kesalahan atau bug. Jadi tujuannya, yakni memaksa game untuk segera menampilkan layar kredit, di mana menandakan tamatnya suatu permainan.

"Mengubah kelemahan pemrograman dalam game-game ini, menjadi sesuatu yang berguna, seperti mempersingkat waktu. Itulah yang menginspirasi saya, untuk memecahkan rekor dalam kategori Speedrun semacam ini," kata FURiOUS.

Menurutnya, bagian tersulit dari tindakan eksploitasi cacatnya kode pemrograman ini ialah menempatkan Yoshi, dinosaurus berwarna hijau yang ditunggangi oleh Mario, untuk mengeluarkan cangkang merah di tempat tepat.

FURiOUS mengungkapkan, itu membutuhkan gerakan cepat. Kemudian menempatkan avatar di posisi sempurna. Karena bila gagal, maka bug di dalamnya tidak akan berfungsi sama sekali.

Sedikit informasi, dirinya memang merupakan pengembang perangkat lunak. Sehingga, berurusan dengan gangguan atau bug, sudah menjadi bagian dari rutinitas pekerjaannya.

Ia berharap, orang-orang di seluruh dunia mengetahui kisahnya dan menemukan motivasi untuk mencapai impian mereka sendiri. Dengan catatan harus disiplin, latihan dan terus semangat melakukannya.



Simak Video "Chris Pratt Didapuk Jadi Pengisi Suara Mario Bros"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fay)