Masyarakat Asia Tenggara Lebih Banyak Ngabisin Waktu dan Duit di Game

Masyarakat Asia Tenggara Lebih Banyak Ngabisin Waktu dan Duit di Game

Panji Saputro - detikInet
Rabu, 19 Jan 2022 10:15 WIB
Ilustrasi main game mobile
Masyarakat Asia Tenggara Lebih Banyak Ngabisin Waktu dan Duit di Game (Foto: Shutterstock)
Jakarta -

Sebuah data diungkapkan oleh App Annie, pada laporan bertajuk State of Mobile 2022, di mana masyarakat Asia Tenggara lebih banyak menghabiskan waktu dan uang di game. Mereka rela menggelontorkan dana, hingga total USD 320 ribu atau sekitar Rp 4,5 miliar setiap menit pada 2021.

Angka tersebut meningkat hingga 20%, dari rekor sebelumnya pada tahun 2020. Sedangkan waktu yang digunakan, mencapai 4,8 jam per hari untuk bermain video game, di mana keseluruhan mencapai 3,8 triliun jam pada 2021, dikutip detikINET dari IGN Asia Tenggara.

Kepopuleran aplikasi dan game mobile pun, menjadi perhatian besar dari para pengiklan. Bahkan nominal yang dikeluarkan untuk iklan, telah bertambah 23%. Jumlahnya hingga USD 295 juta atau sekitar Rp 4,2 kuardriliun. Menurut mereka, angka itu bisa meningkat pada tahun 2022 menyentuh USD 350 miliar atau sekitar Rp 5 kuadriliun.

Lama durasi bermain yang dihabiskan gamer selama 4,8 jam per hari, setidaknya mengarah kepada 10 game teratas berdasarkan jumlah unduhan. Posisi pertama diisi oleh Free Fire, diikuti Subway Surfers, Roblox, Bridge Race, Cnady Crush Saga, PUBG Mobile, Ludo King, Hair Challenge, Among Us dan Join Clash 3D.

Kendati begitu, Genshin Impact masih menjadi pemenang besar jika berbicara mengenai game mobile. Dengan menduduki puncak grafik penjualan di Asia Tenggara. Di Singapura, Malaysia dan Filipina, menjadi permainan besutan miHoYo nomor satu yang mampu menghabiskan uang para gamer. Sedangkan di Indonesia dan Vietnam masuk urutan kedua.

Jika mengacu pada pada uang yang dikeluarkan gamer di seluruh dunia, game ini berada di tempat kedua. Posisinya tepat di depan Roblox dan di belakang judul asal Jepang, Uma Musume Pretty Derby.

Eksistensinya juga tercatat oleh Twitter, sebagai judul paling sering dibicarakan oleh para pengguna platform media sosial ini. Ia mengalahkan sembilan permainan lainnya, seperti Apex Legends, Ensemble Stars, Final Fantasy, Fate/Grand Order, Animal Crossing: New Horizons, Knives Out, Minecraft, Project Sekai dan Fortnite.

Namanya pun telah terpampang di ajang penghargaan game bertajuk The Game Awards 2021. Genshin Impact dengan ketenarannya, menyabet gelar sebagai Best Mobile Game, mengalahkan Fantasian, League of Legends: Wild Rift, Marvel Future Revolution dan Pokemon Unite.



Simak Video "Deretan Game Tencent Balik Lagi di Huawei Apps Store"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/afr)